Kaji Banding Refocusing Anggaran, DPRD dan TAPD Barut Kunker ke Pemkot Palangka Raya

oleh -29 views

TEWENEWS, Palangka Raya – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Utara (Barut) beserta Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Barito Utara melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Pemerintah Kota Palangka Raya dalam rangka penyesuaian penggunaan anggaran (Refocusing) pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Barito Utara, Selasa (9/3) kemaren.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang rapat Peteng Karuhei II Kantor Walikota Palangka Raya. Rombongan DPRD dan TAPD disambut Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya, Dra Hera Nugrahayu, beserta Asisten I dan Asisten III Sekda, Kepala BPKAD, Kepala Bappedalitbang dan Kepala BPPRD.

Baca Juga :   Persoalan Listrik Jadi Perhatian DPRD Barut, Kenapa Kecamatan Gunung Purei Tidak di Bahas ?

Ketua DPRD Barito Utara Ir Hj Mery Rukaini, menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakannya kunjungan kerja ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan refocusing yang dilaksanakan Pemerintah Kota Palangka Raya dan bagaimana teknis pelaksanaannya.

Sedangkan Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Utara Ir H Jainal Abidin mengatakan selain melaksanakan silaturahmi antar Lembaga, Tim TAPD Barito Utara ingin mengetahui bagaimana refocusing yang sudah dan akan dilaksanakan Kota Palangka Raya.

“Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 17 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun Anggaran 2021 dalam rangka Mendukung Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan dampaknya,” kata Sekda H Jainal Abidin.

Baca Juga :   Selalu disiplin dan konsisten mencuci tangan sebelum memasuki mako

Sementara itu Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya Dra Hera Nugrahayu, menyambut baik kedatangan rombongan dari Pemkab dan DPRD Kabupaten Barito Utara.

“Kami pada prinsipnya dalam pelaksanaan kegiatan tidak berbeda dengan Pemerintah Kabupaten Barito Utara, yaitu mengacu pada Surat Edaran Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Republik Indonesia nomor SE-2/PK/21 Tentang Penyesuaian Penggunaan Anggaran Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun Anggaran 2021 untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019,” kata dia.

Kegiatan tersebut dimulai pada pukul 09.00 WIB dilaksanakan secara sederhana dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Rombongan DPRD Barito Utara dipimpin Ketua DPRD Hj Mery Rukaini, Wakil Ketua I dan II beserta anggota DPRD lainnya. Dan dari TAPD Barito Utara, dipimpin Sekda Ir H. Jainal Abidin, Staf Ahli Bupati, Asisten II dan Asisten III Sekda, Inspektur, Kepala BPKA dan Kepala BappedaLitbang.

Baca Juga :   Jaga Stamina, Puluhan Personel Polres Sukamara Olahraga Pagi

(TWN2/Tim)