Kampung Literasi RW.08 Jatipulo : Wajah Baru Jakarta

oleh -108 views

TEWENEWS, Jakarta Barat – Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), “Literasi” adalah kemampuan menulis dan membaca, pengetahuan atau keterampilan dalam bidang atau aktivitas tertentu dan kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup.

Ada yang beda di Jalan Z RW.08 Kelurahan Jatipulo, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat, salah satu lingkungan pemukiman perkotaan yang padat penduduk dan kumuh.

Menurut Lurah Jatipulo Ari Kurnia, ST, M.Soc.Sc, “Wajah baru Kota Jakarta tidak harus selalu berwujud sesuatu yang modern dan futuristik. Bahkan untuk sebagian besar warga Jakarta yang berada di pemukiman padat dan kumuh, hal yang modern dan futuristik tidak menyentuh mereka”.

Baca Juga :   Sinergitas Babinsa Koramil 03/GP Dengan Ulama KH. Fikri Amin

“Bapak Gubernur Anies Baswedan faham betul tentang pentingnya membangun karakter dan manusia Jakarta yang jauh lebih penting dibandingkan pembangunan infrastruktur. Kampung literasi ini dibangun di wilayah RW.08 Kelurahan Jatipulo untuk membudayakan gemar membaca khususnya bagi anak-anak yang mana tantangan terbesar literasi hari ini adalah bagaimana buku lebih menarik dibandingkan warnet dan gadget,” urainya kepada awak media, Selasa (28/05/2019).

Ia juga mendeskripsikan, “Kampung Literasi RW.08 Jatipulo dengan konsep kotak berbagi buku dengan kejujuran yang ditempatkan di beberapa titik, warga didorong untuk memiliki kedekatan akses terhadap buku bahkan juga donasi buku serta bertukar buku.

Baca Juga :   Kurang Mahir, Pengendara Tercebur ke Saluran Irigasi

Bahkan ide ini berasal dari warga yang prihatin terhadap kondisi masyarakat sekarang khususnya anak-anak yang menempatkan buku sebagai hal yang membosankan. “Warga berharap dengan kampung literasi ini, manusia dan karakter warga terbangun khususnya anak-anak, ilmu dan wawasan berkembang karena literasi bukan hanya jendela ilmu, tapi juga sumber inspirasi dan imajinasi dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup manusia. Inilah wajah baru jakarta. Mungkin sederhana tapi substansial. Kampung literasi membangun dan mempersiapkan masa depan manusia Jakarta,” tambah Lurah Jatipulo Ari Kurnia.

Lokasi “Kampung Literasi RW.08 Jatipulo” berada di Jalan Z RW.08 Kelurahan Jatipulo, yang merupakan peraih predikat Juara 1 Rembuk RW Award tahun 2019 kategori RW Inovatif tingkat provinsi DKI Jakarta. Sebagai lingkungan RW yang memiliki multi gagasan dan inovasi dari Ketua RW Bapak AKP (Purn) Berman Saragih serta dimotori oleh LMK 08 Jatipulo Muhamad Ridwan sebagai pelopor Festival Jalan Z, Kampung Asian Games 2018 dan penyedia website www.kampungjalanz.com. Dan juga andil dari peran serta Ketua RT, Kader PKK, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Karang Taruna RW.08 Jatipulo, Pemuda Majelis Taklim dan warga setempat. (M.Solichin)