Kampung Siaga Bencana di Harapkan Bisa Meningkatkan Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Menghadapi Bencana

oleh -1 views

TEWENEWS, Purwokerto – Kementrian Sosial Republik Indonesia melalui Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten. Banyumas membentuk sekaligus mengukuhkan Kampung Siaga Bencana (KSB) “Mahameru” Desa Watuagung Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah pada hari Sabtu, 16 Maret 2019.

Dalam keterangannya Kasubdit Kesiapsiagaan Direktorat Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI Ibu Tetrie pada saat sesi Marteri Pelatihan menjelaskan bahwa Kampung Siaga Bencana (KSB) adalah model pendekatan penanggulangan bencana berbasis masyarakat untuk merubah pola pikir dan pola tindak masyarakat dalam penanggulangan bencana.

Baca Juga :   Rutan Tamiang Layang Zero Narkoba

Hakikat KSB adalah menyiapkan masyarakat agar lebih mampu mengelola kerentanan,ancaman dan risiko di wilayahnya sesuia potensi lokal melalui proses Perencanaan, Pengorganisasian, Penyelenggaraan dan Pengendalian melalui pendekatan Social engineering atau rekayasa sosial.

Baca Juga :   Kominfo Bartim Imbau Masyarakat Saring Sebelum Shering

KSB merupakan program unggulan Kementrian sosial dalam mengemban tugas penanggulangan bencana bidang bantuan sosial berbasis masyarakat.KSB juga sebagai program pemberdayaan masyarakat dan para Tagana seluruh indonesia.

Maksud tujuan dibentuknya kampung siaga bencana KSB Secara umum adalah untuk meningkatkan kapasitas kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana melalui :
1. terlatihnya tenaga lokal penanggulangan bencana yg memiliki kompetensi.
2. Terorganisirnya dan terwadahinya upaya penanggulanan bencana tg dilakukan masyarakat.
3. Tersusunya tata kelola penanggulangan bencana ditingkat lokal yg incheren dgn sistem penanggulangan bencana bidang bantuan sosial nasional.