Kapolres, TNI dan Dishub Lamandau lakukan Tes Urine Sopir dan Kelayakan Kendaraan

oleh -31 views

TEWENEWS, Lamandau – Polres Lamandau bersama TNI dan Dishub Kab. Lamandau melakukan pemeriksaan narkoba, kondisi kesehatan sopir dan kelayakan angkutan yang melintasi di Jalan Trans Kalimantan Kecamatan Sematu Jaya, Kabupaten Lamandau, Selasa (12/6/2018) pukul 09.30 WIB.

Kapolres Lamandau AKBP Andika K Wiratama memimpin langsung kegiatan ini, dalam rangka mudik lebaran dan HUT Bhayangkara Ke-72 Tahun 2018.

“Pemeriksaan ini merupakan langkah antisipasi dan mencegah kecelakaan lalulintas, akibat sopir yang menggunakan obat-obatan atau narkoba dan kendaraan tidak layak,” ungkap Kapolres Lamandau AKBP Andika K Wiratama, didampingi Wakapolres Kompol R.A.S Yudhapatie dan Kabagops AKP Andreas Alek.

Baca Juga :   Jaga Kamtibmas Unit Patmor Rusa Polres Lamandau gencar Laksanakan Patroli

Satu persatu kendaraan yang melintas dihentikan untuk menjalani pemeriksaan secara detail, baik dokumen kendaraan maupun sopirnya. Dimana sopir dilakukan test urine untuk memastikan bebas dari konsumsi obat terlarang dan narkoba. Sedangkan kendaraan diperiksa guna melihat kelayakan dari kendaraan yang mengangkut penumpang tersebut.

Baca Juga :   Maklumat Kapolda Kalteng Larang Pembakaran Hutan Dan Lahan

“Kita periksa kelayakan kendaraan, seperti mesin, sistem pengereman, roda dan lainnya. Sehingga kendaraan benar-benar layak untuk mengangkut penumpang,” tegasnya.

Untuk sasaran tes urine, yakni para pengendara/sopir kendaraan baik roda empat, maupun roda enam, sekaligus melakukan pemeriksaan kelayakan kendaraan yang dibawa. Pemeriksaan surat-surat kelengkapan kendaraan dan juga memberikan imbauan kepada para penumpang agar selalu mengingatkan apabila sopir ngantuk, lelah ataupun cape segeralah beristirahat.

Baca Juga :   Bhabinkamtibmas Bersama Petugas Posko PPKM Kelurahan Nanga Bulik Pantau Warga Isolasi Mandiri

“Dari hasil pemeriksaan sebanyak 52 orang pengemudi kendaraan urinenya semua negatif, atau tidak mengandung narkoba. Sedangkan untuk jumlah tilangan sebanyak tujuh,” beber AKBP Andika. Kapolres juga memberikan imbauan sopir untuk tetap patuhi rambu lalulintas dan kepada penumpang, agar mengingatkan sopir saat mengendarai kendaraan jangan sampai ugal-ugalan.(bambang/tim)