Kapuas Berlakukan PSBB Mulai 1 – 15 Juni, Ben Yakin Masyarakat Kapuas Sangat Mendukung

oleh -93 views

TEWENEWS, Kuala Kapuas – Sebagaimana terbitnya surat dari Menteri Kesehatan nomor HK 01.07/MENKES/339/2020 tentang penerapan PSBB untuk Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah dalam rangka percepatan penangan virus corona atau covid-19 , Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM.MT Jumat(29/5) memimpin rapat koordinasi dan menetapkan waktu pelaksanaan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar)untuk Kabupaten Kapuas.

Rapat yang juga dihadiri oleh wakil Bupati Kapuas H Nafiah Ibnoor, Kapolres Kapuas ,Dandim Kapuas, dan seluruh kepala dinas instansi TGPP Covid-19 Kabupaten Kapuas yang berlangsung di aula Kantor Bappeda Kapuas.

Rapat tersebut akhirnya sepakat memutuskan bahwa pelaksanaan dan pemberlakuan PSBB untuk Kabupaten Kapuas dimulai tanggal 1 Juni sampai 15 Juni 2020 atau selama 15 hari.

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat seusai rapat kepada wartawan mengatakan bahwa ketentuan maupun sanksi dalam pelaksanaan PSBB sudah ada dalam juklak, juknis dan ada Perbup.

“Hari ini dibuat Perbup dan besok mulai disosialisasikan kepada masyarakat supaya masyarakat mengerti. Ini kita harapkan pada camat secara berjenjang ke bawah kepada lurah,RT, untuk disampaikan kepada masyarakat, bahwa kita menerapkan PSBB termasuk apa yang harus dilakukan oleh masyarakat dan kita semua.” papar Ben Brahim.

Tentu untuk pemeriksaan dan penjagaan di wilayah perbatasan menurut Ben Brahim lebih diperketat untuk in- out. KTP luar tidak boleh masuk Kalimantan Tengah di perbatasan Kalsel- Kalteng.

Pasar pasar kata Ben Brahim juga akan lebih ditertibkan,nanti pak Kapolres dan pak Dandim bersama pemkab Kapuas akan menertibkan termasuk di wilayah kecamatan karena ini diberlakukan untuk seluruh wilayah Kabupaten Kapuas.

Untuk titik pos penjagaan dan pemeriksaan kata Ben Brahim sesuai kebutuhan dengan diberlakukannya adanya PSBB ini pasti bertambah dan juga nanti dari pak kapolres dan pak Dandim akan secara intens dan ketat mengawal pelaksanaan PSBB ini.

“Ini semua untuk kepentingan kita semua seluruh masyarakat Kapuas , supaya kita terhindar dari penularan covid-19 ,supaya kita bisa normal kembali ,tidak lama hanya 15 hari demi kesehatan seluruh masyarakat Kabupaten Kapuas.” Jelasnya sembari berharap dan memohon pengertian dari seluruh masyarakat Kapuas.

Dalam pelaksanaan PSBB nanti kata Ben Brahim baik Kapolres maupun Dandim adalah orang yang humanis.Artinya kita dengan santun mengingatkan pada masyarakat.

“Saya yakin dan percaya bahwa masyarakat Kapuas itu kalau diberi tahu pasti menurut dan sangat mendukung pelaksanaan PSBB ini, kan mudah saja kalau ada hal penting keluar harus pakai masker,jaga jarak, tetap dirumah,sering cuci tangan, makan sayur dan makanan bergizi dan vitamin C dan E. Masyarakat Kapuas pasti mendukungnya.” Pungkasnya.(Sofyan Hadi)