Kedatangan Kepala Kejari Barito Timur Disambut Prosesi Secara Adat Dayak Maanyan

oleh -42 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Kegiatan pisah sambut Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Barito Timur (Bartim) Provinsi Kalimantan Tengah yang baru Daniel Panannangan SH, MH menggantikan Kejari yang lama Roy Rovalino Herudiansyah SH, MH dilakukan penyambutan secara adat Dayak Maanyan, Natas Banyang (Potong Pantan), Selasa (09/03/2021).

Kegiatan pisah sambut tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Bartim dan Wakil Bupati, DKPD, serta Kepala OPD lingkup Bartim.

Seledes Humbal yang memimpin prosesi Natas Banyang penyambutan Kejari menjelaskan, Bartim memiliki ragam kebudayaan yang sangat tinggi salah satunya tradisi penyambutan tamu kehormatan yang datang.

“Untuk melakukan penyambutan kita melakukan prosesi natas banyang atau yang umum dikenal dengan potong pantan, yaitu kita membuat gerbang dengan pagar penghalang, sebagai tanda kita menyambut sekaligus menanyakan tujuan mereka datang ke Bartim”, ungkap Seledes setelah melaksanakan prosesi penyambutan di kantor Kejari.

Menurutnya, setelah mendapatkan penjelasan dari tamu yang disambut tujuan mereka baik, maka Wadian mempersilahkan memotong pagar penghalang atau banyang sebagai pertanda membuka pintu bagi tamu untuk datang ke Bartim.

Kejari Bartim yang baru, Daniel Panannangan menyampaikan ucapan terima kasih karena disambut dengan luar biasa melalui prosesi Natas Banyang.

“Kejari sebelumnya telah menorehkan prestasi yang baik sehingga Kejari Bartim dapat meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK)”, ungkapnya

Daniel Panannangan menggantikan Roy Rovalino Herudiansyah yang dipindah tugaskan ke Kejaksaan Negeri Pemalang Jawa Tengah.

Dirinya merasa senang bertugas di Bartim tapi di sisi yang lain berat karena dituntut untuk lebih berhasil lagi, lanjut Daniel.

“Saya yakin dengan dukungan jajaran Kejari Bartim dan institusi lain maka akan meraih keberhasilan dalam tugas sebagai Kejari”, pungkasnya. (Ahmad Fahrizali)