Begini Kejelian Kades Benangin II Sabarson, Buka Peluang Usaha untuk Warganya

oleh -59 views

TEWENEWS, muara Teweh – Terobosan untuk menciptakan peluang usaha yang dilakukan Kepala Desa Benangin II, Kecamatan Teweh Timur, Kabupaten Barito Utara, Kalteng, dengan membuka Salon Kecantikan Termurah dan Pengisian Air Galon Termurah. Ini tidak lepas dari kejelian Kades Sabarson.

Kades muda ini, punya strategi jitu untuk membuat kebijakan dengan program-program pro rakyat. Tentunya program-program tersebut langsung dinikmati oleh warga masyarakat Desa Benangin II.

“Saya mempunyai konsep bahwa program pemerintah Desa itu tidak harus hal-hal besar dan kita bisa memulainya dengan hal-hal kecil yang tidak terpikirkan oleh orang lain. Hal yang sangat sederhana tapi ternyata merupakan kebutuhan pokok warga masayarakat” ujarnya, Senin (28/1/2019).

Di paparkannya, semua program subsidi itu mempunyai sifat dan tujuan untuk meringankan beban warga masyarakat, sehingga saya aplikasikan dengan memulainya dari Jasa Usaha Salon dan Jasa Usaha Pengisian Air Galon” karena ternyata kebutuhan akan air minum dan memotong rambut adalah bagian dari kebutuhan pokok.

“Di Tahun 2018 lalu sharing dari Alokasi Dana Desa (ADD) Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan bantuan CD/CSR PT. Bharinto Ekatama mendirikan Salon yang dinamai “Salon Desa Benangin II” salon ini sama seperti salon lain pada umumnya yang berbeda hanya lah karena bersubsidi,” imbuh kades yang akrab dengan wartawan ini.

Ia meminta,  kepada pengelola yang kebetulan warga setempat, untuk memberikan subsidi harga layanan potong rambut Pria dan Wanita Rp 15 ribu untuk nak-Anak, Rp 10 ribu untuk Rebonding Rp. 100 ribu Smoothing dan Rp. 150 ribu.

“Benar saja, ternyata salon ini sangat diminati oleh warga desa. Baru jalan tiga bulan ini sudah dikunjungi 500 orang lebih, dengan berbagai macam permintaan layanan seperti Rebonding, Kerimbat, Potong Rambut, Semir Rambut dan Keriting Rambut.” Ujar Rahman warga Desa Benangin II sebagai pengelola salon.

Dia menambahkan, Minggu depan akan dipasang Mesin Isi Ulang Air galon yang didapat dari bantuan CD/CSR PT. Bharinto Ekatama sebesar Rp. 40 juta.

“Apabila Sudah beroperasi nanti, saya perintahkan kepada pengelola untuk memberikan subsidi harga sebesar Rp. 2.500 per Galon khusus untuk Warga Desa Benangin II, harga air galon ini menjadi yang paling murah di Kabupaten Barito Utara,” kelakar Kades Sabarson mengklaim.

Kebutuhan air minum sekarang ini ternyata sudah rata-rata membeli (galon air isi ulang), sangat jarang ada warga merebus air. Lumayankan, sisa dari pembelian air galon dan potong rambut, dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan lainnya.”

“Ada dua manfaat dari program ini yaitu membuka lapangan pekerjaan dan meringankan beban warga masyarakat,” pungkasnya.(Tim)