Kembangkan Semangat Generasi Muda, Koramil 02/Matraman Berikan Wasbang di SMAN 22

oleh -43 views

TEWENEWS, Jakarta – Koramil 02/Matraman berikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan Bela Negara (Belneg) kepada siswa-siswi SMA Negeri 22 UKS, yang diikuti 288 yang terdiri siswa 143 orang dan siswi 145 orang, Selasa (16/07/2019).

Danramil Matraman Mayor Inf Ahmad Yuono mengatakan bahwa materi wawasan kebangsaan, Pancasila harus dipahami sejak dini, karena untuk menanamkan ideologi kebangsaan yang kuat dan rasa cinta tanah air serta mengetahui Dasar Negara Indonesia yaitu Pancasila.

“Siswa-Siswi SMAN 22 Utan kayu selatan merupakan pendidikan menengah yang memiliki posisi strategis dalam membentuk dasar-dasar mental dan perilaku generasi muda bangsa, Pada usia muda seperti ini tentunya sangat penting diberikan bekal wawasan kebangsaan agar dalam perjalanan ilmu pendidikan dapat meraih cita-cita menuju Indonesia maju yang berintegritas,” ucap Danramil.

Babinsa Utan Kayu Selatan Serda Bambang EC pada kegiatan latihan PBB mengatakan kepada siswa-siswi SMAN 22 bahwa kegiatan latihan baris berbaris ini merupakan latihan untuk melatih fisik, sikap dan mental agar para siswa-siswi nantinya bisa bersikap disiplin dalam kegiatan upacara sekolah pada setiap hari senin ataupun hari besar lainnya.

Lebih lanjut Danramil menambahkan bahwa dalam pemberian materi wasbang disesuaikan dengan kemampuan daya pikir siswa-siswi setingkat SMAN yaitu dengan pola mengajak kembali untuk menginggat nama-nama para pahlawan nasional serta perjuangannya, saling hormat – menghormati, kesetiakawanan, sopan santun dan giat belajar sebagai bagian yang sering dikerjakan oleh siswa-siswi SMAN.

Pembina dan pelatih pada kegiatan Wasbang di SMAN 22 UKS adalah Mayor Inf Ahmad Yuono, Kapten Inf Budi Santoso, Serma Syahroni, Serka Eko, Serda Bambang, Serda Khusukiho , Serda Nizam, Serda Sudiono dan Sertu Agus.

Sementara itu Kepala Sekolah SMAN 22 UKS, Drs. Agus Wahyu Sutopo, M.Pd. menyampaikan terima kasih kepada Koramil 02/Matraman atas partisipasinya dalam memberikan pemahaman wawasan kebangsaan serta pelatihan PBB kepada siswa-siswi anak didiknya.

“Kami sangat menyambut baik kegiatan ini, karena sangat bermanfaat dalam menumbuh kembangkan semangat generasi muda para siswa; siswi SMAN 22 dalam mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia dan memiliki wawasan yang lebih luas lagi dalam menyongsong masa depan yang lebih baik,” tandas Kepsek. (M.Solichin)