Kenalan di Media Sosial, Wanita Mengaku Dokter Diduga Menipu Pemuda Balangan

oleh -200 views

TEWENEWS,Banjarmasin – Sudah kerap kali di media sosial atau dunia maya seperti facebook disalah gunakan menjadi sarana penipuan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dengan banyak korban namun masih saja ada korban berikutnya.

Seperti halnya yang menimpa Syaifullah(28) seorang pemuda yang tinggal di Desa Galumbang Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan. Syaifullah menjadi korban penipuan oleh seorang wanita bernama Tri Novsha Anggraini (36) warga Komplek Agraria II Gang I, Banjarmasin Barat.

Atas laporan Syaifullah ,petugas gabungan Resmob Polda Kalsel dan Satreskrim Polres Balangan berhasil meringkus wanita berbadan subur itu di kosnya di jalan Sungai Bilu Kecamatan Banjar Timur.
Tri Novsha Anggraini sangat kaget saat asik rebahan,beberapa orang petugas kepolisian mendatangi kediamannya Kamis dini hari (2/4).

Tri Novsha Anggraini wanita muda ini diduga kuat melakukan penipuan terhadap Saifullah dengan modus mengaku sebagai seorang dokter dan berjanji bersedia dinikahi oleh korban sehingga Syaifullah mau saja mentransfer uang ratusan juta rupiah.

Merasa tertipu,Syaifullah akhirnya melaporkan kejadian ke Polres Balangan. Pihak Polres diback up Resmob Polda pun melakukan penyidikan dan mengetahui keberadaannya dan menangkapnya.

Keterangan dihimpun aksi pelaku ini diperkirakan telah berlangsung sejak lama yakni sekitar 2017 korban berkenalan dengan pelaku melalui media sosial. Perkenalan pun berlanjut dan korban mendapatkan no BBM dan perkenalan pun berlanjut dengan chat demi chat.

Setelah lama berhubungan dan sering berkomunikasi,korban tampaknya terpikat dan ingin serius menjalin hubungan denganpelaku yang memakai nama samaran dr Ica. Karena serius ingin menikahi,korban pun mau mentransfer uang Rp 20 juta rupiah ketika diminta pelaku dengan alasan untuk persiapan pernikahan.

Namun entah kenapa pelaku kemudian membatalkan pernikahan dengan alasan tak jelas hingga kemudian ada rencana pernikahan akan kembali dilaksanakan pada 2019.

Ternyata pelaku kembali membatalkan lagi dengan rencana pernikahan itu dengan alasan sakit. Selama kurun waktu beberapa tahun berhubungan melalui media sosial dan chat itu korban sudah melakukan transfer pada Tri Novsha Anggaraini sekitar Rp 300 juta.

Merasa tertipu karena setiap diajak bertemu pelaku tidak mau, korban pun melaporkan hal ini. Dari laporan itulah petugas melakukanm penyidikan dan mengamankan pelaku.

Ternyata saat diamankan petugas kepolisian, pelaku ketahuan menggunakan foto orang lain dan mengaku bernama dr Ica, dengan memasang foto gadis berwajah cantik dan menggunakan hijab.

Direktur Reserse dan Kriminal Umum Kombes Sugeng Riyadi melalui Kasubdit 3 Jatanras Pold Kalsel , Kompol Riza Mutaqin kepada wartawan Jumat (3/4) siang membenarkan jajarannya menback up Polres Balangan melakukan penangkapan terhadap pelaku yang diduga melakukan penipuan.

“Adapun modusya yakni dengan memasang status sebagai ‘dokter cantik’ dati akhir tahun 2017 lalu dan saat diajak korban Video Call tidak mau, diajak nikah beralasan sakit, diajak ketemuan tidak mau,” papar Kompol Riza Mutaqim.

“Hasil dari penipuan itu digunakan pelaku beli motor dan hura-hura dengan liburan ke Bali,”Pungkas Riza. (Sofyan).