Kepala BPBD Kalsel : Pemadaman Karhutla Sekitar Bandara Sudah Berlangsung Dua Bulan

TEWENEWS, Banjarbaru – Upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan di wilayah sekitar bandara Syamsudin Noor terus saja dilakukan oleh Tim satgas Karhutla bersama BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kalimantan Selatan.

Upaya serius dan tak kenal lelah itu nampak terlihat sampai sore menjelang senja di lokasi kawasan belakang bandara Syamsudin Noor , Minggu (22/9/2019).

Kepala BPBD Kalsel Wahyuddin kepada Tewenes.com di lokasi kebakaran mengatakan bahwa pemadaman Karhutla sekitar bandara ini sudah berlangsung selama dua bulan dan dilaksanakan setiap hari.

Dikatakan oleh Wahyuddin bahwa tim gabungan yang diterjunkan untuk pemadaman karhutla ini adalah dari Satgas Darat Karhutla Pemprop Kalsel terdiri dari TNI, POLRI, Manggala Agni , dan SKPD Propinsi,termasuk juga dari pemadam kebakaran.

“Untuk pelaksanaan pemadaman karhutla ini kami menurunkan 630 orang personil.” Tandas Wahyuddin.

Menurutnya sumber asap yang bisa mengganggu penerbangan itu menjadi prioritas untuk dipadamkan. “Sumber asap di bandara itu berasal dari empat titik di Guntung Damar, satu titik di Liang Anggang dan satu titik di Trikora,” Jelas Wahyuddin.

Baca Juga :   Diduga Mau Mencuri Kotak Amal di Musala , IM Bonyok Dihajar Warga

Menurut Kepala BPBD Kalsel ini semuanya berjumlah ada enam titik ,dan lokasi ini menjadi prioritas untuk dipadamkan karena dalam rangka menanggulangi asap yang mengganggu penerbangan.

Pihak BPBD juga membuat kanal untuk pembasahan lahan gambut yang terbakar. Adanya kanal ini untuk menampung air. “Dengan adanya kanal ini juga untuk memudahkan tim pemadam agar tidak jauh mengambil air.” Pungkas Wahyuddin.

Pantauan Tewenews di lokasi kebakaran lahan gambut di sekitar kawasan belakang bandara nampak asap terus mengepul dalam radius yang cukup luas.(Sofyan Hadi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian
id_IDIndonesian
%d blogger menyukai ini: