Kepala Desa Lebo Harapkan Dukungan Elemen Masyarakat

oleh -170 views
Kades Desa Lebo, Hadi Saputra (tengah) bersama sejumlah perangkat desa

TEWENEWS, Tamiang Layang – Kepala Desa Lebo Kecamatan Pemantang Karau Kabupaten Barito Timur mengharapkan dukungan seluruh elemen masyarakat desa, agar roda pemerintahan desa berjalan dengan baik. Berbagai program yang di realisasikan pemerintah desa untuk meningkatkan kesejateraan masyarakat dan pendapatan desa melalui Program dana desa tahun 2018 ini.

Hal ini guna merealisasiakan program pembangunan seperti pembuatan ruang pertemuan aula kantor desa, pembuatan titian menuju kekebun, pemasangan lampu jalan, penambahan tihang lampu listrik dan berbagai program pemberdayaan lainya.

Menurut Kades setempat, Hadi Saputra saat di kunjungi dikediamanya belum lama tadi mengatakan, dana DD dan ADD Desa Lebo tahun 2018 ini kurang lebih 1,2 Meliar.

“Dana DD 70 persen tahun 2018  ini kita fokuskan untuk pembangunan fisik sebanyak 5 item dan 30 persenya untuk pemberdayaan,” ujar kades yang tidak sombong ini.

Baca Juga :   Ini Program Unggulan Kades Tumpung Ulung untuk Warganya

Dijelaskanya, dari kelima item pembangunan yang akan di bangun tersebut, pembuatan ruang  pertemuan aula kantor desa lah yang banyak memakan biaya. Karena bangunan yang berukuran 12×8 meter tersebut nantinya akan dibuat secara permanen dan pakai rangka baja.

Pembuatan aula tersebut memang cukup mahal biayanya. Yakni mencapai Rp. 300 juta. Itupun baru 80 persen. “Pembuatan aula  pertemuan dengan biaya Rp. 300 juta itu hanya 80 persen ditahun ini. Untuk bisa diselesaikan 100 persen atau bisa langsung dipakai mungkin menunggu dana DD tahun 2019,” terangnya.

Dirinya menilai kalau semua dana DD 70 persenya untuk pembuatan aula tersebut mungkin tidak ada pembangunan yang lain. Karena untuk menyelesaikan pembangunan agar 100 persen mungkin terlalu banyak memakan biaya. Iya meyakini pembuatan aula pertemuan tersebut bisa menghabiskan anggaran sekitar Rp.500 juta

Maka dari itu, dirinya berenisiatif selain membangun aula pertemuan. Dana DD juga akan digunakan untuk pemasangan lampu jalan 24 titik dengan anggaran Rp. 45 juta.

Baca Juga :   Diduga Korupsi Kades Papar Pujung Segera Diadili

Selain itu, ada juga pembuatan titian madung sepanjang 20×2 meter dengan anggaran Rp. 33 juta dan penambahan tihang lampu listrik disepanjang jalan RT 01 sampai RT 04 dengan panjang 1600 meter dengan biaya kurang lebih Rp. 46 juta.

Dan untuk program pemberdayaan desa,  akan melaksanakan kegiatan pelatihan pembuatan pakan ikan, pembuatan kolam ikan dan banyak lagi program pemberdayaan lainya.

Dengan adanya program dana desa ini tentunya sangat membantu dan mendukung untuk meningkatkan kesejateraan masyarakat dan pembangunan di desa Lebo dengan keperluan masyarakat,

Baca Juga :   Meski Ada Penambahan Positif Baru di Bartim, Namun Sebanyak 17 Pasien Covid-19 Sembuh

“Tentunya kami dari pemerintah desa Lebo  sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada pemerintah pusat dan pemerintah daerah atas adanya program dana desa ini,

Dengan adanya dana desa ini tentunya kami selaku pemerintah desa bisa langsung menentukan apa saja yang perlu untuk di bangun sesuai hasil keputusan musyawarah desa,” jelas Hadi

Dirinya mewakili pemerintah desa Lebo kecamatan Pematang Karau mengucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat desa atas dukungan dan partisipasinya untuk mendukung semua pembanguan di desa ini

“Tanpa adanya dukungan dari berbagai pihak, pembangunan desa ini tidak akan berjalan sesuai harapan,”  pungkas lelaki yang ramah ini mengahiri (Budi)