Kepala Disdik Bartim : Untuk Keberhasilan Sekolah Kepala Sekolah Harus Mempunyai Visi

oleh -35 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Dinas Pendidikan (Disdik) kabupaten Barito Timur (Bartim) provinsi Kalimantan Tengah, berikan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) untuk penguatan Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Diklat tersebut dilaksanakan selama tujuh hari, sejak 15 sampai dengan 21 nopember 2019, kegiatan dibuka oleh Kepala Disdik Bartim Dewi Murni Ibie, dan diikuti 40 Kepsek SD dan SMP se Bartim, turut hadir perwakilan dari Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Kalteng, Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) di Aula Disdik Bartim pada Jumat (15/11/2019).

Baca Juga :   Personil Polsek Hanaut melaksanakan Patroli rutin dan Operasi Yustisi

Dalam sambutannya Kepala Disdik Bartim Dewi Murni Ibie mengatakan, “Visi adalah kunci keberhasilan kepemimpinan Kepsek”, ucap Dewi.

Visi merupakan indikator utama yang dapat mengantarkan kesuksesan Kepsek, dalam membawa sekolahnya kearah yang dicita-citakan.

Kepemimpinan visioner Kepsek lanjut Dewi, sekurang-kurangnya memiliki empat fungsi, pertama sebagai penentu arah, kepala sekolah menyeleksi dan menetapkan sasaran dengan mempertimbangkan lingkungan strategis, untuk menyusun berbagai langkah menuju sasaran yang dapat diterima sebagai suatu kemajuan riil oleh semua warga sekolah.

Baca Juga :   Jaga Kesehatan di lingkungan mako, Propam Polsek Bulik terapkan Prokes kepada personil

“Kedua agen perubahan, Kepsek bertanggung jawab untuk merangsang perubahan di sekolah, misalnya kinerja guru dan tata usaha sekolah, sumber daya dan fasilitas sehingga memungkinkan pencapaian sebuah visi di masa depan”, jelas Dewi.

Ketiga sebagai juru bicara, Kepsek menjadi pembicara yang terampil, pendengar yang penuh perhatian dan pengejewantah sekolah serta menjadi promotor dan negosiator sekolah yang dipimpinnya kepada pihak luar.

Baca Juga :   Positif COVID - 19 di Bartim Meningkat, Hari Ini Bertambah 3 Orang

Serta yang keempat Kepsek juga berfungsi sebagai coach atau pelatih, dimana ia membentuk tim yang memberdayakan semua warga sekolah dalam organisasi sekolah.

Dengan dilaksanakannya Diklat ini, saya berharap Kepsek akan menjadi lebih baik lagi, lebih handal, berkualitas sehingga bisa memberikan pendidikan yang lebih baik bagi anak-anak didik di Bartim, harap Dewi. (Ahmad)