Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kupang, Resmikan Galeri Tenun Atambua “Limarasan Diak”

43
Foto : Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kupang, Naek Tigor Sinaga Resmikan Galeri Tenun Atambua.

TEWENEWS, Atambua – Galeri Tenun Atambua “Limarasan Diak”, yang berlokasi di Haliwen, kelurahan Manumutin kecamatan Kota Atambua diresmikan oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kupang, Naek Tigor Sinaga, Selasa (4/12/2018)

Dalam peresmian ini, adapula dirangkai dengan beberapa kegiatan penting lainnya yaitu penandatangan MOU Perpanjangan Kas Titipan oleh Bank Indonesia yang melingkupi tiga BUMN/BUMD yaitu Bank Nusa Tengara Timur (NTT) Atambua, Bank NTT Lewoleba dan BRI Waingapu dimana tiga orang kepala cabang dari ketiga bank tersebut hadir langsung untuk menandatangi.

Foto : Perwakilan Bank Indonesia Kupang, Naek Tigor Sinaga Mengelilingi Pajangan Kain Tenun, Usai Meresmikan Galeri Tenun di Kabupaten Belu.

Adapaun kegiatan berikut adalah penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Penyerapan Komoditas Bawang Merah di Klaster Bawang Merah desa Fatuketi dan Dualaus (kedua desa tersebut berada di wilayah kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu) Dalam Rangka Pengendalian Inflasi di Belu yang ditandatangani oleh Kepala subDivre Bulog Belu Simon Lakapu, SE dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Florianus Nahak.

Rangkaian acara yang di buka oleh upacara adat, dengan menggunakan adat itu, berasal dari suku Kemak yang merupakan salah satu suku asli di Belu ini di awali dengan penyematan selendang adat untuk para undangan VVIP oleh tokoh adat yang di-iringi juga dengan tarian Likurai yang dibawakan para siswi SMKN 1 Atambua menandai penyambutan para tamu undangan.

Berikutnya, ritual adat dilanjutkan dengan Hasai Tidan Hodi Ran Fahi yaitu pemotongan hewan babi yang kemudian diambil darahnya lalu dipercik di sekitar gedung Limarasan Diak yang akan diresmikan, sebagai tanda penolak bala/musibah oleh tokoh adat. Setelah ritual ada tersebut, romo Kris Fallo yang hadir sebagai perwakilan dari tokoh agama mengawali kegiatan dengan doa,

Baca Juga :   Mengenal Lebih Dekat, Ventje J.R. Abanit, Pemuda Sukses, Calon DPD RI Dapil NTT

Perwakilan Bank Indonesia Kupang, Naek Tigor Sinaga dalam sambutannya mengatakan, Sebagai Dedikasi untuk Negeri, BI memiliki Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) yang merupakan bentuk kepedulian dan empati sosial BI untuk berkontribusi dalam membantu memecahkan masalah sosial Ekonomi yang dihadapi masyarakat yang salah satunya Galeri Tenun Limarasan Diak Atambua untuk masyarakat Belu.

“Pembangunan galeri tenun yang dilaksanakan ini dapat terlaksana dengan baik berkat adanya sinergi yang baik dengan Pemerintah Provinsi NTT, Pemerintah Kabupaten Belu dan Dekranasda Kabupaten Belu,”katanya.

Gedung Galeri Tenun ini dapat bermamfaat bagi pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Belu, hal ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan Bank Indonesia terhadap Program Nawacita yang menegaskan bahwa pemerintah berkomitmen terhadap pembangunan karakter dan pengembangan pariwisata serta ekonomi kreatif.

“Melalui Galeri tenun penenun Kabupaten Belu dapat memiliki wadah untuk memarkan dan Memasarkan tenun ikat tersebut sehingga diharapkan dapat menjadi daya tarik Pariwisata di Provinsi NTT,” ucap, Naek Tigor Sinaga.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan penandatangan prasasti oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kupang, Naek Tigor Sinaga tanda diresmikannya Galeri Tenun “Limarasan Diak”, lalu pemotongan pita didepan pintu masuk gedung oleh ketua Dekranasda Belu Ny. Lidwina Viviawaty. Rangkaian acara ditutup dengan kegiatan sosialisasi Pengenalan Keaslian Uang Rupiah oleh pihak Bank NTT untuk para siswa SMA yang hadir.(Beres/Tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here