Kerjasama dengan TNI/POLRI, Dinas Kesehatan Jaring Warga Belum Divaksin

oleh -115 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Dalam rangka mendongkrak angka pencapaian vaksinasi COVID-19 di wilayah Kabupaten Barito Utara (Barut), Dinas Kesehatan (Dinkes) Barito Utara bersama Polsek Teweh Tengah dan Koramil Kota berkolaborasi menggelar razia dan menjaring warga yang belum divaksin, Senin (22/11/2021) dihalaman Dinas Kesehatan setempat.

Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara H Siswandoyo mengatakan pihak Dinas Kesehatan bersama Polsek Teweh Tengah dan Koramil Kota melaksanakan razia Zebra dikolaborasikan razia kartu vaksin COVID-19 dihalaman Dinas Kesehatan setempat.

“Razia ini dalam rangka memberikan vaksinasi secara cepat kepada warga masyarakat yang belum mendapat vaksinasi. Yang belum divaksin langsung kita suntik vaksin di aula Dinas Kesehatan,” kata H Siswandoyo.

Baca Juga :   Pastikan Tahapan Pemilu Aman, Kapolsek Teweh Tengah Sambangi Panwaslu Dan PPK Teweh Baru

Kadis Kesehatan juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak TNI/Polri khususnya Polres dan Polsek Teweh Tengah dan Koramil (kota) Teweh Tengah yang secara bersama-sama telah melakukan kegiatan ini.

“Kegiatan ini sudah kedua kalinya, dimana pada kegiatan pertama kemarin dilaksanakan pada Sabtu (20/11). Direncanakan kegiatan ini dilaksanakan sampai tanggal 28 November 2021, atau bersamaan hingga berakhirnya operasi Zebra,” ucapnya.

Dikatakan Siswandoyo, apabila di anggap perlu, kegiatan ini akan dilaksanakan setiap hari, tapi kolaborasinya dilaksanakan dengan Polsek Teweh Tengah dan Koramil Kota. Dalam razia itu ada beberapa pengendara yang belum divaksin.

“Dan juga masyarakat banyak yang belum tahu dimana tempatnya untuk bisa vaksin. Banyak masyarakat yang menyampaikan ucapan terima kasih karena adanya kegiatan razia vaksin tersebut. Razia ini juga membantu masyarakat agar bisa diberikan vaksin bagi yang belum divaksin,” kata H Siswandoyo.

Lebih lanjut Siswandoyo menjelaskan, dengan adanya kegiatan kolaborasi razia vaksinasi COVID-19 dengan pihak TNI/Polri (Polsek dan Koramil Teweh Tengah) ini, bisa mendongkrak pencapaian vaksinasi di wilayah Kabupaten Barito Utara.

Baca Juga :   Sampaikan Pencegahan Covid-19, Bhabinkamtibmas Sambangi warga

“Untuk capaian vaksin kita di Barito Utara hampir 49,09 persen. Target kita 70 persen di akhir November ini dan saat ini sudah mencapai 50 persen. Insya Allah target yang ditetapkan bisa tercapai hingga akhir Desember nanti,” kata dia.

Baca Juga :   Piket Siaga Polsek Maliku Cek Keamanan Bank BRI

Dengan diadakannya razia ini akan lebih menambah pencapaian vaksinasi di daerah kita dan juga menambah antusiasme masyarakat untuk bervaksin. Setiap hari kita adakan vaksinasi di beberapa tempat, baik itu di arena Tiara Batara, Puskesmas Muara Teweh, Puskemas Lanjas dan di beberapa tempat lainnya.

Pantauan lapangan pagi pukul sekitar 08.00 WIB hingga pukul 10.30 WIB, cukup banyak pengendara sepeda motor terjaring, karena tak bisa menunjukkan tanda bukti telah divaksin COVID-19. Mereka langsung diarahkan ke aula Dinas Kesehatan untuk skrining lalu vaksin jika memenuhi syarat. Kapolsek Teweh Tengah AKP Reny Arafah dan Kadis Kesehatan H Siswandoyo juga ikut dalam kegiatan tersebut.

(AP/Tim)