Hubungi Kami

NASIONAL

Ketua Persit KCK Ranting 04 Koramil 03/GP Ucapkan HUT Dharma Pertiwi ke-55

Published

on

TEWENEWS, Jakarta Barat – Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Ranting 04 Koramil 03/Grogol Palmerah, Duma Waty Manullang Jefriansen Sipayung, Amd memberikan ucapan hari ulang tahun Dharma Pertiwi ke-55 yang jatuh pada tanggal 15 April 2019 mendatang.

Dalam wawancara singkatnya, Ny. Duma Waty menuturkan rasa turut bahagia dan antusiasnya atas hari jadi Dharma Pertiwi ke-55.

“Dirgahayu Dharma Pertiwi ke-55, Selamat Ulang Tahun dan senantiasa sukses selalu,” tutur Ketua Persit KCK Ranting 04 Koramil 03/GP Ny. Duma Waty Manullang Jefriansen Sipayung, Amd kepada awak media, Sabtu (13/04/2019) Siang.

Dharma Pertiwi merupakan organisasi pimpinan bagi organisasi istri TNI. Organisasi ini disahkan pada tanggal 6 Maret 1972. Organisi pimpinan ini terdiri dari 4 organisasi istri TNI, yaitu Persit Kartika Chandra Kirana, Jalasenastri, PIA Ardya Garini dan IKKT. Terbentuknya organisasi ini dilatarbelakangi sejarah masing-masing organisasi pembentuknya.

Baca Juga :   Warga Desa Muara Pari Tuntut Janji PT.Tamtama Perkasa, Menyelesaikan Pengadaan Air Bersih

Sekitar tahun 1959 mulai terbentuk persatuan dan kerjasama organisasi-organisasi ini dalam bentuk Pekan Olah Raga Istri Angkatan Bersenjata (PORISAB). Akan tetapi, saat yang menandai terbentuknya Dharma Pertiwi adalah tahun 1963. Pada tahun tersebut diadakan Operasi Pertiwi. Para istri ABRI yang tergabung dalam organisasi-organisasi tersebut dikirim ke Irian Barat untuk mengatasi sengketa.

Usai peristiwa itu kemudian muncul ide untuk membentuk Organisasi Dharma Pertiwi.  Pada tanggal 15 April 1964 didirikan Badan Kerja Sama Dharma Pertiwi. Gerakan ini kemudian berlanjut pula ke daerah-daerah. Ini melatarbelakangi disahkannya Badan Musyawarah Dharma Pertiwi yang bernaung di bawah pembinaan Hankam ABRI pada tanggal 3 Oktober 1969. (M.Solichin)

id_IDIndonesian
id_IDIndonesian