Komisi I DPRD Sarankan Pemkab Barut Rekomendasi Pembelajaran Tatap Muka

oleh -308 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Barito Utara (Barut), Mustafa Joyo Muchtar mengharapkan pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat dapat mencari solusi untuk pendidikan dimasa pandemi Covid-19 ini.

“Saat ini pembelajaran dengan system daring atau online untuk seluruh wilayah di Kabupaten Barito Utara dirasa tidak memungkinkan, karena ada beberapa kendala yang dihadapi anak-anak,” kata Mustafa Joyo Muhtar, Kamis (7/1/2021).

Baca Juga :   Tajeri : Ketua RT-RW dan Penghulu, Minta Tunjangan di Naikan

Menurut Mustafa, salah satunya, gadget atau smartphone untuk masyarakat miskin yang kurang mampu untuk pengadaannya. Selain itu juga jaringan yang tidak stabil bahkan tidak ada untuk akses internet, terutama di daerah pedalaman.

Jadi kata dia, pembelajaran dengan system daring ini dirasa tidak efektif dilakukan untuk daerah-daerah pedesaan dan pedalaman.

“Kalau untuk wilayah perkotaan, hal ini dapat saja dilakukan, namun wilayah pedesaan dan pedalaman sangat sulit,” ujarnya.

Baca Juga :   Sengketa Lahan PT PADA IDI tak ada Kabar

Untuk itu, dia menyarankan agar pemerintah daerah dapat merekomendasikan pembelajaran tatap muka dilaksanakan seluruh sekolah di Kabupaten Barito Utara, namun tetap mengikuti prosedur kesehatan dengen tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Jadi kami menyarankan agar pembelajaran tatap muka dapat dilaksanakan di Kabupaten Barito Utara untuk seluruh sekolah baik SD, SMP hingga SMA bahkan universitas. Namun, sistem ini harus diatur dan sesuai dengan protokol kesehatan,” jelasnya.

Lebih lanjut Mustafa, sudah sekitar delapan bulan lebih, pembelajaran dengan sistem daring ini dilaksanakan, namun dilihat terjadi penurunan kualitas pendidikan pada seluruh peserta didik, karena kurang efektif.

Baca Juga :   Unsur Pimpinan DPRD Apresiasi Beroperasinya  Bandara Haji Muhammad Sidik

”Jadi sepatutnya pemerintah daerah dapat segera menemukan solusi terbaik dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Barito Utara ini,” pungkasnya.

(TWN2/Tim)