Koordinator BPP Kecamatan Raren Batuah, Lakukan Pengubinan Jagung Varietas NK 212

oleh -136 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Dinas Pertanian Kabupaten Bartim, melalui Koordinator BPP Kecamatan Raren Batuah Kabupaten Barito Timur melaksanakan pengubinan tanaman jagung Varietas NK 212 dilahan milik Imam, Poktan Mira Pakat, Desa Batuah, Kabupaten Bartim, Jumat (25/1/2019).

PPL Mingguriani yang berada di lokasi kegiatan mengatakan, pengubinan ini dilakukan di lahan seluas 1,5 hektar menjelang masa panen dengan luas ubinan 2,5 meter kali 2,5 meter dengan sasaran meliputi jumlah batang dan jumlah tongkol.

Pengubinan dengan panjang 2,5 meter tersebut, lanjut mingguriani, terdapat 4 baris atau larik, sedangkan dari sisi lebar 2,5 meter terdapat 8 baris atau larik dan tiap lubang tanam berisi dua batang. Atau dalam hitungan sederhananya 4 kali 8 kali 2 jumlah 64 tongkol dengan berat setelah ditimbang mencapai 5,5 kilogram.

“Dari hasil Jadi ubinan tadi, maka hasil panen jagung diprediksikan mencapai 12,528 ton tongkol kering panen dikurangi pematang,” tutupnya.

Sementara itu pada kesempatan yang lain kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur Ir.Riza Rahmadi, MM, mengatakan, pengubinan merupakan istilah yang biasa digunakan petugas statistik dan pertanian untuk menghitung secara cepat dan sederhana hasil produk pertanian seperti padi, kedelai dan jagung.

“Cara atau teknik ini paling umum digunakan untuk memperkirakan potensi hasil panen dalam luasan satu hamparan. Melalui pengubinan ini, para petani dapat mengetahui perkiraan hasil panen dari tanaman yang dikelolanya,” ungkapnya.

Dirinya berharap, teknik pengubinan ini dapat menambah pengetahuan para petani untuk diterapkan setiap kali menjelang panen sehingga dapat memperkirakan sendiri hasil panen yang akan dicapainya.

“Semoga dengan adanya teknik pengubinan seperti ini, dapat menambah pengetahuan para petani,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Anggota PPL dari BPP Kecamatan Raren Batuah, Mingguriani dan Ketua Poktan Mira Pakat, Bapak Imam sekaligus pemilik lahan.

Semoga dengan semakin menggeliat pertanaman jagung di kecamatan Raren Batuah dapat menjadi motivasi bagi Kecamatan lain untuk membudidayakan Komoditi jagung pakan ternak untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak di kabupaten Barito Timur.(TWN5)