KPU Bartim Sudah Lakukan Persiapan untuk Pemilu 2019

oleh -88 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Menjelang Pileg dan Pilpres 2019 nanti, KPU Kabupaten Barito Timur, Kalteng sudah menyiapkan segala bentuk persiapan-persiapan untuk mensukseskan pemilu 2019.

“Kita sebagai penyelenggara pemilu sudah mempersipakan berbagai sarana dan prasarana maupun yang lainya untuk kesuksesan pemilu,” ujar Ketua KPU kabupaten Bartim Andy Amyanu Gandrung, MM. Disela sela kegiatan acara media gathering Panwas Kabupaten Barito Timur bersama Dinas Disdukcapil  dan Komisi Pemilihan Umum (KPU)  beberapa waktu lalu.

Dirinya memaparkan hal-hal terkait kelancaran dan keberhasilan dalam menyelenggarakan suatu pemilihan umum, yang pertama adanya adanya penyelenggara. Tanpa penyelenggara seperti KPU dan Banwaslu semua itu tidak akan berjalan.

Selain itu, untuk mencapai kesuksesan pemilu nanti kita harap kerjasama disemua elemen termasuk masyarakat. “Kita saat ini sudah melakukan penyusunan untuk PPK dan PPP. Untuk hasil pleno yang sudah ditetapkan jumlah DPT Kabupaten Bartim sebanyak 76481. Sedangkan jumlah TPS ada 387 yang tersebar diseluruh Desa/kelurahan yang sudah juga disahkan oleh KPU RI,” Ujarnya.

Baca Juga :   Peduli Korban Banjir Relawan Matabu Jaya Galang Bantuan

Selain itu, dirinya juga menambahkan, untuk keperluan lain seperti kebutuhan kotak suara sebanyak 2.040 unit dan jumlah yang sudah diterima sebanyak 2045. Jadi dipastikan jumlah tersebut mencukupi.

“Sedangkan untuk kebutuhan bilik suara 1072 dan sudah diterima sebanyak 1072. Semuanya dipastikan sudah lengkap. Namun tinggal surat suara saja yang belum karena masih di urus di KPU RI,” paparnya.

Dirinya menjelaskan, yang menjadi kendala saat ini adalah pemilih non KTP- Elektronik Bartim. “Seperti seorang karyawan yang bekerja disalahsatu perusahaan di Bartim. Kami kesulitan mencari datanya. Mereka tidak bisa memberikan data yang lengkap seperti menunjukan N KK dan NIK. Mereka hanya menyerahkan nama, alamat dan tempat saja,” jelasnya.

Menurutnya, Kalau mereka tidak bisa menunjukan KTP – EL tapi domisilnya masih di Indonesia mereka tetap bisa menggunakan hak surat suaranya. Namun jika pemilih pindah memilih ke Provinsi lain maka akan mendapatkan satu surat suara calon Presiden dan Wakil Presiden.

Baca Juga :   PTPS Yang Dilantik Dan di Ambil Sumpahnya Diharapkan Agar Netral

Sedangkan kalau sipemilih pindah memilih ke kabupaten/kota lain di Provinsi yang sama tetapi diluar dapil DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD kabupaten/kota, maka akan mendapat dua surat suara yaitu calon Presiden dan Wakil Presiden serta surat suara DPD.

“Namun jika pemilih pindah memilih ke Kabupaten/kota lain di Provinsi yang sama tetapi didalam dapil DPR RI, tetapi diluar DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota, maka akan mendapat tiga surat suara yaitu calon Presiden dan Wakil Presiden, surat suara DPD serta surat suara DPR RI,” jelasnya.

Baca Juga :   Bupati Barito Timur Ajak Semua Elemen Optimalkan Pencegahan Karhutla

Ditambahkanya, jika pemilih pindah memilih ke Kabupaten/kota lain dalam satu Provinsi dan dalam dapil DPRD Provinsi tetapi diluar dapil DPRD kabupaten/kota, maka akan mendapat empat surat suara yaitu calon Presiden dan Wakil Presiden, DPD, DPR RI, dan DPRD Provinsi.

Namun jikalau pemilih pindah memilih ke Kecamatan lain dalam satu kabupaten/kota dan masih dalam dapil DPRD kabupaten/kota, maka akan mendapatkan lima surat suara yakni Presiden dan Wakil Presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/kota.

“Ini yang menjadi kendala kita saat ini. Namun kita akan tetap mencari data lengkapnya diseluruh perusaahan yang ada di Bartim. Semoga saja diharihalnya nanti semua data yang kita perlukan bisa terkumpul. Kita juga akan minta tolong kepada Disdukcapil Bartim agar data yang kita perlukan bisa secepatnya terkumpul,” pungkasnya.(Tim).