KPU Barut Siapkan Logistik Pemilu 2019, Tahapan Sudah Berjalan

oleh -46 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Komisi Pemilihan Umum, (KPU) Kabupaten Barito Utara(Barut), Kalimantan tengah, sudah mulai mempersiapkan logistik untuk pemilu 2019 mendatang.

Ketua KPU Barut Malik, mengatakan jumlah logistik pemilu 2019 bergantung dengan data pemilih tetap (DPT). Akan tetapi hingga saat ini KPU masih menunggu DPT hasil perbaikan.

“Jadi dasar kita mengadakan logistik pemilu adalah jumlah DPT. Terakhir DPT kita berada di angka 103.374 pemilih, 469 TPS berada di 103 kelurahan, 6 Kecamatan. Mudah-mudahan DPTHP 2 itu tidak ada lagi perbaikan dan kemudian kita plenokan,” jelas Malik, Rabu (9/1/2019)

Sedangkan tahap selanjutnya  penyediaan surat suara, formulir, dan buku panduan. Mulai Januari 2019 sampai dengan Februari 2019 dilanjutkan dengan proses distribusi.

“Beberapa tahapan penyediaan logistik sudah kita lakukan. Seperti untuk segel, hologram, tinta dan sampul. Sedangkan untuk kotak suara dan bilik beberapa kita lakukan penambahan dari yang sudah ada,” kata Malik.

“Ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh KPU dalam distribusi logistik ini. Dan sudah ada aturannya dalam PKPU. Jangan sampai ada logistik yang kurang, transportasi juga harus dipikirkan dengan baik. Namun yang terpenting juga harus ada komunikasi antar KPU,dan pihak lain,” pungkasnya.(Tim)