Hubungi Kami

POLITIK

KPU Belu Kukuhkan 55 Anggota Relawan Demokrasi Pemilu 2019 Sekaligus Bimtek

Published

on

TEWENEWS, Atambua – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu, kukuhkan 55 Anggota Relawan Demokrasi, sekaligus berikan bimbingan teknis kepada relawan demokrasi (Relasi) pemilihan umum tahun 2019, di Aula Hotel Nusantara II Atambua, Jumat (25/01/2019)

Pembentukan relawan tersebut dengan tujuan untuk meningkatkan persentase partisipasi pemilih pada Pemilu 2019. Sehingga hari ini sebanyak 55 anggota relawan demokrasi dikukuhkan, bahkan dalam kesempatan ini juga dilakukan bimbingan teknis bagi para relasi ini.

Ketua KPU Belu, A.Martins Bara Lay, ketika ditemui disela acara pengukuhan sekaligus bimtek itu, mengatakan sebanyak 55 orang relawan demokrasi atau singkatnya “Relasi” yang direkrut tersebut ditugaskan untuk melakukan sosialisasi pada beberapa segementasi pemilih.

“Relawan Demokrasi yang dimaksud akan dibagi menjadi 10 basis, seperti basis kealurga, komunitas perempuan, disabilitas, pemilih pemula, warga net dan tiap basis memiliki lima relawan sehingga akan berjumlah 55 orang yang akan disebar di 12 kecamatan sekabupaten Belu.

“Yang menjadi tugas mereka adalah sosialisasi pada segmentasi mereka masing-masing ada sebayak 55 orang yang akan kita rekrut untuk bekerja, dalam jangka mensosialisasikan selama tiga bulan.

Baca Juga :   Polres Ponorogo, Gulung Pengedar Obat Daftar G

Bara Lay menambahkan, pembekalan yang diberikan yakni terkait materi yang perlu disampaikan ke masyarakat, seperti tentang sosialisasi teknis tata cara pemungutan suara, sosialisasi daftar pemilih, dan pentingnya masyarakat harus aktif dalam setiap tahapan pemilu.

“Relawan Demokrasi akan bekerjasama dengan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan Panitia Pemilihan di tingkat desa untuk melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilu. Jelasnya.

Komisioner KPU Belu, Yakobus Fahik Nahak, S.H, menjelaskan para relawan tentunya sangat independensi, profesionalitas mereka sebagai petugas sosialisasi dari KPU, dan juga integritas mereka dalam bekerja

Di luar itu tim relawan demokrasi bertugas melakukan sosialisasi berbasis pada segmen masing – masing basis, misalkan mereka basis disabilitas, mereka akan sosialisasi di basis disabilitas. Segmen perempuan, mereka akan sosialisasi di pertemuan-pertemuan perempuan,” terangnya.

Sebanyak 55 anggota tersebut, sebelumnya pihaknya sudah melakukan screening, wawancara tentang rekam jejak indepedensi mereka. Dan mereka sudah menandatangani surat pernyataan bahwa mereka tidak berafiliasi atau aktif di partai politik.(Beres)

id_IDIndonesian
id_IDIndonesian