KPU Mempelajari Pemanfaatan Sidalih, Keamanan Sistem Informasi Pemilu 2019

oleh -11 views

TEWENEWS, Jombang – Anggota KPU Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Abd. Wadud Burhan Abadi, SE, M.Si dan operator Sidalih Ana Pratama.S.Pd, menghadiri Bimbingan Teknis Sidalih dan Keamanan Sistem Informasi Pemilu 2019 yang bertempat di JW Marriott Hotel Surabaya.

Bimtek dihadiri 514 Kabupaten dan Kota dan 34 Provinsi yang terbagi dalam tiga gelombang, Gelombang pertama dilaksanakan selama tiga hari pada tanggal 28-30 Januari 2019, acara dimeriahkan dengan tarian Pelangi dari Surabaya serta sambutan dari Ketua Penyelenggara dan Kepala Biro Data dan Informasi, serta dibuka oleh Ketua KPU RI Arif Budiman.

Arif Budiman, mengatakan, bahwa persolan Pemilu dari tahun ke tahun selalu tentang Data Pemilih. Data pemilih adalah salah satu utrusan pentingnya KPU, Mengingat pentingnya data, maka keamanan penyimpanan data menjadi hal yang harus diperhatikan “.

“Semua pihak harus waspada karena serangan siber bisa menimpa siapa saja, Jika KPU RI sudah kuat maka mereka bisa saja menyerang dari bawah atau KPU di daerah, untuk itu semua harus kuat, ” tegasnya.

Anggota KPU RI viryan juga menyampaikan hal yang sama, untuk menangkal Hoax KPU sudah melakukan tindakan-tindakan menangkal Hoax. hanya saja, KPU RI tetap membutuhkan kerja sama dengan seluruh penyelenggara dan berbagai pihak sebagai contoh Facebook. Kegiatan Bimtek mempelajari pemanfaatan Sidalih dan pengamanan sistem informasi.

Dalam mempelajari pemanfaatan Sidalih, akan lebih terfokus pada bagaimana mengolah DPTb dan DPK. Sedangkan dalam hal pengamanan teknologi informasi, bagaimana kita menjaga keamanan sistem informasi, ” pungkas Viryan anggota KPU Ri.(Joko.s)