Lakukan Pemeriksaan Kapal-Kapal di Das Kapuas

oleh -12 views

Kapuas – Cegah adanya pelanggaran yang dapat mengakibatkan ganguan Kamtibmas di Daerah Aliran Sungai (Das) Kapuas dan Barito, Kapal Polisi XVIII-2007 laksanakan Pemeriksaan terhadap kapal-kapal yang melintas di Das Kapuas dan Barito. Kamis (24/06/2021) Pagi

Rata-rata kapal TugBoat yang melintas di Das Kapuas dan Barito berasal dari provinsi lain. Sehingga bisa menimbulkan indikasi penyelendupan barang ataupun manusia. Disini Ditpolairud Polda Kalteng melalui KP.XVIII-2007 mempunyai tugas pokok memelihara Kamtibmas di wilayah perairan melakukan pemeriksaan terhadap kapal-kapal tersebut dengan Humanis.

Dirpolairud Polda Kalteng Kombes Pol Pitoyo Agung Yuwono, S.I.K., M.Hum saat dikonfirmasi melalui Komandan Kapal Polisi XVIII-2007 Aiptu Hery Purwanto menjalaskan “Tugas Pokok dan Fungsi kami disini jelas, yaitu untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah perairan,” jelas Hery

“Pemeriksaan Dokumen kapal dan muatan sudah menjadi pekerjaan kami, tetapi dalam pemeriksaan ini saya menekankan kepada anggota di lapangan untuk selalu menerapkan 3S yaitu Senyum, Sapa, dan Salam, sehingga para kru kapal yang diperiksa merasakan pelayanan yang baik dari kami,” ungkap Hery.

Tetapi KP.XVIII-2007 tidak bisa bekerja sendiri untuk mewujudkan situasi dan kondisi yang kondusif. Dalam hal ini KP.XVIII-2007 juga memerlukan kontribusi dari masyarakat bantaran Das Kapuas sampai Barito untuk menciptakan situasi yang kondusif “kontribusi dari masyarakat juga penting dalam menjaga situasi kondusif, jadi disini saya harap masyarakat bantaran Das Kapuas dan Barito memberikan dukungan penuh kepada kami sehingga tercipta situasi yang kondusif,” tutup Hery. (Njh)