Lapas Muara Teweh Deklarasi UPT Pemasyarakatan Bebas Narkoba dan Hand Phone

oleh -74 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Sebagai bentuk keseriusan Lapas Klass II B Muara Teweh dalam memberantas peredaran narkoba dan penggunaan HandPhone (HP), hari ini, Kamis (28/2/2019) menggelar kegiatan Deklarasi UPT Pemasyarakatan Bebas dari Narkoba dan HP dihalaman dalam komplek Lapas setempat.

Kepala Lapas Muara Teweh, Sarwito mengatakan, deklarasi UPT Pemasyarakatan bebas dari Narkoba dan HP ini adalah rangkaian kegiatan yg telah di laksanakan di Lapas Muara Teweh dalam rangka melaksanakan Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor : Pas-126.PK.02.10.01 Tahun 2019 tanggal 4 Februari 2019 tentang Langkah-langkah Progresif & Serius Upaya Pemberantasan Narkoba di Rumah Tahanan Negara/Cabang Rumah Tahanan Negara, Lembaga Pemasyarakatan dan Lembaga Pembinan Khusus Anak.

“Ini adalah progres Minggu keempat sesuai dengan langkah-langkah yang telah diperintahkan Direktur Jenderal Pemasyarakatan,” tegasnya.

Menurut Kalapas,pada minggu pertama Februari yang lalu telah di lakukan sosialisasi kepada seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan kepada petugas perihal Permenkumham No 6 Th 2013 Tentang Tata Tertib Lapas dan Rutan, termasuk di dalamnya larangan peredaran narkoba dan pemakaian HP serta sanksi-sanksinya.

Dan untuk keperluan komunikasi WBP dengan keluarga, Lapas Muara Teweh sudah menyediakan Warung Telepon Khusus (Wartelsus) sebanyak 6 kabin, dimana 5 kabin untuk WBP laki-laki dan 1 kabin untuk WBP perempuan.

Lalu pada minggu kedua dilakukan langkah-langkah persuasif dengan mendatangi warga binaan dari kamar ke kamar guna menyampaikan hal yang dibolehkan maupun dilarang didalam Lapas, karena selain narkoba dan Hp, pakaian WBP juga juga dibatasi jumlahnya.

Ditambahkannya, kemudian pada minggu ketiga dilaksanakan penggeledahan seluruh blok untuk memastikan lapas sudah steril dari barang-barang yang dilarang serta tes urine seluruh pegawai dan kurang lebih 50 orang WBP dan hasilnya negatif semua.

“Sehingga pada minggu keempat ini kami sudah yakin bahwa Lapas Muara Teweh zero narkoba dan zero Hp, kami dengan seluruh jajaran berkomitmen sangat serius untuk mengambil langkah-langkah yang progresif dalam menanggulangi narkoba dan HP di dalam Lapas,” imbuh Sarwito.(TWN2)