Laurentio Eka Pratama dan Ahsan Nadia Ramadhana Terpilih sebagai Putra Putri Duta Pariwisata Barito Utara 2024

oleh -47 views

DUTA PARIWISATA TAHUN 2024-Pj Bupati Muhlis didampingi Pj Ketua TP PKK Barito Utara Marsiana Muhlis menyerahkan piagam penghargaan dan uang pembinaan kepada juara putra putri Duta Pariwisata tahun 2024 atas nama Laurentio Eka Pratama dan Ahsan Nadia Ramadhana, Jumat (19/4/2024) malam di arena Tiara Batara.

TEWENEWS, Muara Teweh – Grand Final pemilihan putra putri Duta Pariwisata Kabupaten Barito Utara tahun 2024 telah menemukan hasil. Dalam grand final diikuti sebanyak 15 finalis putra dan 23 finalis putri yang merupakan perwakilan dari sekolah dan perguruan tinggi di wilayah Kabupaten Barito Utara ini,  Laurentio Eka Pratama dan Ahsan Nadia Ramadhana terpilih sebagai juara.

Pada malam Gran Final dengan penampilan dan penobatan pemenang yang terdiri dari 8 finalis putri kategori non atributif, 7 pasangan finalis putra dan putri kategori atributif, dan acara puncak yaitu pemilihan 10 besar dan 5 besar.

Finalis putra dengan nomor undi 34 atas nama Laurentio Eka Pratama (pelajar SMAN 1 Muara Teweh) sebagai juara I putra dan finalis putri dengan nomor undi 37 atas nama Ahsan Nadia Ramadhana (mahasiswi Uniska).

Dalam kesempatan tersebut Pj Bupati Drs Muhlis didampingi Pj Ketua TP PKK Barito Utara Marsiana Muhlis secara langsung menyerahkan piagam penghargaan dan uang pembinaan kepada pemenang Duta Pariwisata tahun 2024.

Kepala Dinas Budparpora Barito Utara, Hj Anisa Cahyawati, menyampaikan bahwa pelaksanaan Grand Final Putra Putri Pariwisata Barito Utara bertujuan untuk pemberdayaan pemuda untuk membantu pemerintah dalam mempromosikan potensi di Kabuaten Barito Utara ke dunia luas.

“Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 38 orang terdiri dari 23 putri dan 15 orang putra dari perwakilan sekolah dan perguruan tinggi lingkup Kabupaten Barito Utara,” kata Hj Annisa Cahyawati.

Dikatakan Hj Annisa Cahyawati, sebelumnya Dinas Budparpora melaksanakan seleksi Duta Pariswisata tahun 2024 dilaksanakan sejak bulan Februari diantaranya tecnical meeting, pembekalan dan pemberian materi, seleksi wawancara, penilian unjuk bakat dan foto jenik.

“Dan pada tanggal 16 April 2024 lalu, seluruh finalis mengikuti kegiatan Aksi Sapta Pesona dan orientasi di objek Wisata Buper Panglima Batur. Dan pada malam ini merupakan malam grand final dan penobatan para finalis Duta Pariwisata tahun 2024,” kata Hj Annisa Cahyawati.

Pj Bupati Drs Muhlis mengatakan ajang pemilihan Putra Putri Pariwisata (Duta Wisata) Kabupaten Barito Utara merupakan salah satu kompetisi yang sangat diminati oleh generasi muda di Kabupaten Barito Utara.

“Selain bersaing dalam hal intelgensia, pengetahuan umum dan kemampuan mempromosikan kepariwisataan, kegiatan ini juga memberikan beberapa manfaat kepada para peserta,” kata Pj Bupati Drs Muhlis saat menyampaikan sambutan pada Grand Final dan Penobatan Putra Putri Pariwisata tingkat Kabupaten Barito Utara tahun 2024, di arena Tiara Batara, Jumat (19/4/2024) malam.

Dikatakannya, manfaat dari pelaksanaan kegiatan ini bagi para peserta yaitu mengajak untuk lebih mencintai lingkungan, mengenal objek wisata, melestarikan seni budaya, mengembangkan nilai-nilai kemanusian dan persahabatan, serta mendapatkan materi dan edukasi dari narasumber yang tentunya materi–materi yang disampaikan sangat bermanfaat bagi para peserta.

“Denerasi muda di Kabupaten Barito Utara diharapkan mampu bersaing di era kemajuan jaman seperti sekarang ini. Era digitalisasi dan kemudahan akses informasi harus benar-benar dimanfaatkan dengan baik. Kiranya kita semua dapat memanfaatkan media sosial seperti instagram, tik tok, facebook, youtube dan twitter sebagai sarana memperkenalkan budaya dan wisata Kabupaten Barito Utara,” ucap Pj Bupati Muhlis.(AP/Tim)