Legislator PDIP Ponorogo Lakukan Fogging Cegah Penyebaran DBD

TEWENEWS, Ponorogo – Adanya ancaman penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang mulai melanda masyarakat di sejumlah wilayah Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo membuat keprihatinan banyak pihak. Selain Dinas Kesehatan Kabupaten melakukan fogging, Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Ponorogo, Teguh Pujianto juga langsung merespon mewabahnya DBD melalui gerakan fogging gratis.

Menurut Teguh Pujianto, penyakit yang disebabkan nyamuk Aedes aegypti ini menyerang tidak pandang bulu dengan tidak mengenal usia. “Pemerintah dan masyarakat harus waspada dan siap mengantisipasi  mewabahnya penyakit DBD ini,” ungkap Teguh Pujianto, Jumat (31/1/2020).

Politisi PDIP ini juga mendorong agar pemerintah melakukan  langkah-langkah antisipasi dengan melakukan fogging ke rumah-rumah warga. “Jangan menunggu ada korban  baru dilakukan fogging,” ujar Legislator Dapil Ponorogo IV (Kecamatan Bungkal, Sambit, Ngrayun dan Slahung) ini.

Baca Juga :   Satlantas Polres Ponorogo Adakan Sosialisasi Save our Stud3nts di SMPN 2 Jetis Ponorogo

Dalam melakukan fogging gratis itu, Teguh Pujianto menggandeng Bunda Rita, sapaan akrab Lysdiarita salah satu pengurus DPC PDIP Kabupaten Ponorogo. Pihaknya juga rutin mengajak masyarakat melakukan gotong royong menjaga kebersihan lingkungan masing-masing.

Menurutnya, fogging yang dia lakukan itu untuk membantu masyarakat agar terhindar dari DBD dan salah satu langkah awal guna memberantas nyamuk Aedes aegypti. “Namun itu saja belumlah cukup efektif tanpa dibarengi dengan perilaku hidup warga masyarakatnya untuk mendukung pencegahan berkembangnya nyamuk tersebut, yaitu dengan mengubur barang bekas yang bisa menampung air sebagai sarana berkembangnya nyamuk, menutup tempat tampungan air serta menaburi tampungan air dengan bubuk abate,” paparnya. (AF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: