Letkol Arh Abraham Kalelo : Tiap Warga Berhak dan Wajib Bela Negara

oleh -169 views
Dandim 1013/MTW Letkol Arh.Abraham Kalelo,

TEWENEWS,Muara Teweh – Komando Distrik Militer (Kodim) 1013 Muara Teweh berupaya membangun kesadaran masyarakat tentang bela negara melalui program Bela Indonesiaku. Program yang diluncurkan tersebut diharap bisa menanamkan nilai-nilai bela negara ke dalam diri masyarakat Indonesia.

Hal ini diwujutkan dengan di tanda tanganinya Nota kesepahaman tentang wawasan kebangsaan dan ketahanan nasional dalam rangka pemantapan bela negara antara kodim 1013 muara teweh dengan Pemerintah kabupaten Barito Utara Kalimantan Tengah.

Baca Juga :   PT Indexim Utama,Gelar Konsultasi Publik Re sertifikasi PHPL

Penandatangan MOU oleh Komandan Kodim 1013 Letkol Arh  Abraham Kalelo  dan Pjs Bupati Barito Utara Sapto Nugroho saat itu dilaksanakan di ruang rapat Sekretariat Daerah Kabupaten Barito Utara,Selasa (27/2).

Dandim Letkol Arh. Abraham Kalelo menyampaikan, bahwa tujuan dari di laksanakannya Penandatangan Nota Kesepahaman ini sebagai landasan kerjasama untuk penguatan kesadaran Bela Negara dengan landasan latar belakang Yuridis (hukum) yang tercantum pada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. 

Baca Juga :   Gasak Perhiasan Emas dan Uang Milik Tantenya, Pemuda Ini Diringkus Polisi

“Adapun pasal 27 ayat (2) setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara, dan pasal 30 ayat (1) tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.

Baca Juga :   Kosong dan Terkesan Kumuh, Bangunan Pasar Tradisional Jingah Terbengkalai

Serta pasal 30 ayat (2) usaha pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta oleh TNI dan POLRI sebagai kekuatan utama dan rakyat sebagai kekuatan pendukung,”terangnya.

Acara Penandatanganan Nota Kesepahaman di disaksikan langsung oleh Kapolres Barito Utara, Ketua DPRD, Kepala Kejaksaan, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama dan Unsur SOPD.(as)