Lima Hari Bertugas, Kasat Narkoba Polres Barito Utara ‘Ngamuk’

oleh -466 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Bagi kalangan bandar, pengedar dan pecandu narkoba, khususnya di wilayah hukum Polres Barito Utara, Kalteng nama IPTU Adhy Heriyanto memang belum dikenal kalangan pemain narkoba.

Betapa tidak, ketika menjabat Kasat Narkoba di Polres Barut, perwira pertama (Pama) ini berhasil menggulung pengedar sekaligus pecandu narkoba yang ‘bermain’ di wilayah hukumnya.

Dia mengamankan 0,98 sabu-sabu dari penggerebekan rumah terduga bandar narkoba di Jalan Giri Raya Rt 15. Kelurahan Lanjas Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara, Kalteng

IPTU Adhy Heriyanto, mewakili Kapolres Barito Utara AKBP Dostan Matheus Siregar mengatakan pada, Minggu tanggal 23 Juni 2019 Sekira pukul 22.00 WIB telah melakukan pengungkapan perkara Tindak Pidana Narkotika terhadap Achmad Rudianoor Alias Rudi (umur 39 tahun) di rumahnya.

“Sewaktu anggota satresnarkoba polres Barut mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa terlapor sering mengedarkan Narkotika jenis sabu dirumahnya, kemudian dilakukan penyelidikan dan mengamankan Rudi yang sedang berada dirumahnya,” ujar Kasat.

Masih kata Kasat Narkoba IPTU Adhy Heriyanto, petugas mengetok pintu terlapor dan dibuka akan tetapi terlapor melihat ada petugas pintu yang sebelumnya di buka dikunci kembali kemudian petugas mendobrak pintu dan melihat terlapor lari ke arah dapur dan membuang sesuatu di belakang rumahnya.

“Selanjutnya ditunjukan surat perintah oleh tugas dan disaksikan oleh masyarakat Petugas Kepolisian melakukan penggeledahan dirumah yang ditempati terlapor dan dari penggeledahan tersebut petugas menemukan satu paket serbuk kristal putih yang diduga sabu seberat 0,98 gram yang di buang dibelakang rumah terlapor,” ungkapnya.

Dibeberkan Kasat barang bukti yang berhasil diamankan ada satu kotak kaleng kecil merk pagoda tempat menyimpan sabu, kemudian di kamar terlapor ditemukan satu bungkus plastik klip kecil kosong, satu buah timbangan digital warna hitam, satu botol alkohol 95 persen, satu buah alat isap Bong, satu buah potongan sedotan plastik berwarna hitam, satu buah korek api merk tokai, satu buah Handphone Merk Nokia type 1005 dan uang tunai sebesar Rp 1.650.000, yang merupakan uang hasil penjualan narkotika jenis sabu.

” Terlapor dan barang bukti yang ditemukan diamankan ke Polres Barut untuk proses sidik lanjut. Akibat perbuatannya Rudi kita sangkakan dengan pasal 114 ayat (1) Jo pasal 112 ayat (1) Undang-undang RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika.(Tim)