Maksimalkan Sarana Air Bersih Pamsimas Berikan Pelatihan Bagi KP-SPAMS di Bartim

oleh -207 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) berikan pelatihan bagi pengurus Kelompok Pengelola Sarana Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (KP-SPAMS) desa lama program Pamsimas tiga tahun 2019 di Hotel Sapta, Kamis (24/10/2019).

Pelatihan bagi KP-SPAMS tersebut merupakan pelaksanaan Pamsimas pada tahun 2017, kalau di desa ada yang belum teraliri atau ada kendala disinilah kita membahasnya apa kendalanya, jelas Distrik Koordinator Pamsimas Kalteng Zain Rahman disela-sela kegiatannya.

Program ini sesuai dengan komitmen pemerintah pusat, bahwa Pamsimas memperhatikan desa hingga tahun 2020, kalau masih ada jalurnya yang tidak berfungsi, ada desa yang jalurnya tidak berfungsi, ada yang berfungsi sebagian.

Baca Juga :   Warga Bartim Terdampak COVID - 19 Yang Belum Dapat Bansos Silahkan Daftar, Semoga Bisa Dapat

Memang masih ada kekurangan, disinilah kita melakukan pembinaan, memberikan pelatihan dan pendampingan dengan mendata kendala mereka di lapangan, nanti akan ada bantuan pemulihan, maupun pemulihan organisasinya.

Pemerintah pusat menjalankan program Pamsimas ini lanjut Zain, untuk memancing pemerintah desa agar membangkitkan dan membina desanya masing-masing. Kita lakukan kunjungan ke desa mengangkat masalah yang ada, dengan melakukan musyawarah seperti di desa netampin sebelumnya tidak berfungsi sama sekali.

Tetapi ketika desa sudah memulai memperbaiki keran-keran yang rusak melalui dana APB desa kemudian menambah SR, tahun ini sudah berfungsi, ada beberapa desa yang sudah berhasil dengan program Pamsimas, bahkan menjadi desa unggulan yaitu desa Ampah Dua, Maragut Biwan dan Jango, tutup Zain.

Baca Juga :   Bhabinkamtibmas Polsek Sematu Jaya Sosialisasi Saber Pungli Di Desa Purwareja

Sementara itu Kasubid Sapras Bappeda Bartim Shinta Setiany ST yang juga merupakan Ketua Panitia Kemitraan (Pakem) Pamsimas mengatakan, “Kami dan fasilitator siap membantu apa kendalanya, kekurangannya dengan memberikan pelatihan di sini,” ucap Shinta.

Ditambahkan Shinta yang juga merupakan salah satu penyeru, ada delapan desa yang kita berikan pelatihan saat ini, yaitu desa Netampin, Pinang Tunggal, Sumber Garunggung, Kotam Tampu Langit, Muara Awang, Jango dan Muara plantau.

Baca Juga :   Bansos Pangan Dari Provinsi Mulai Disalurkan di Bartim, Ini Jadwalnya

Dengan dilaksanakannya pelatihan ini kita berharap agar desa lebih maju, desa yang kemarin masih kekurangan air sekarang sudah bisa menikmati fasilitas air bersih dengan adanya program Pamsimas, masyarakat yang mungkin kemarin mengambil airnya jauh, saat musim kemarau setelah program ini berjalan kan tinggal buka keran saja air sudah mengalir

“Dari segi biaya juga jauh lebih hemat bagi masyarakat, karena hasil urunan dari semua pengguna iurannya tidak terlalu besar dibanding menggunakan sumur bor sendiri berapa bayar listriknya,” pungkasnya. (Ahmad F)