Mantap, Empat Pelajar SLTA Barut  Lolos Seleksi Paskibraka Tingkat Provinsi Kalteng

oleh -123 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Barito Utara (Barut) mengirimkan 4 (empat) pelajar di daerah ini mengikuti seleksi menjadi calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah dan Nasional.

Kadisdbudparpora Barito Utara, Hj Annisa Cahyawati mengatakan, untuk mengikuti seleksi calon anggota Paskibraka tingkat kabupaten dan provinsi memang tidak mudah. Artinya banyak hal yang menjadi penilaian dari panitia seleksi, sehingga dapat bersaing dengan pelajar dari daerah lain.

“Untuk pelaksanaan kegiatan Seleksi Paskibraka tahun 2022 di tingkat Kabupaten Barito Utara tahap I, II, III dan seleksi final dilaksanakan sesuai petunjuk teknis (Juknis) dari Kemenpora RI,” kata Hj Annisa Cahyawati, Minggu (15/5/2022).

Dikatakannya, tim seleksi berasal dari Polres Barito Utara, Kodim/1013 Muara Teweh, Disbudparpora dan Dinas Kesehatan Barito Utara yang dilaksanakn mulai tanggal 7 sampai dengan 14 Maret 2022 di sekolah asal peserta dan Kantor Disbudparpora.

“Dalam seleksi tersebut peserta yang mengikuti seleksi berjumlah 120 siswa dan siswi dari SLTA/Sederajat se Kabupaten Barito Utara,” kata dia.

Peserta terpilih berjumlah 7 (tujuh) siswa dan siswi yaitu empat orang sebagai calon Paskibraka tingkat Propinsi Kalimantan Tengah atas nama Adiaksa Meru Angga, (SMAN-4 Muara Teweh), Asdriyana N (MAN Barito Utara), Nadine Nadela (SMAN-1 Muara Teweh) dan Jasmine Alysha Raudah (MAN Barito Utara).

Dan tiga orang sebagai calon paskibraka tingkat Kabupaten atas nama Popy WA (SMAN 1 Muara Teweh), M Joan Fadilah (MAN Barito Utara ) dan Dindan Ananta (SMAN1 Muara Teweh).

Lebih lanjut Annisa mengatakan paara peserta terpilih ini diberikan pembekalan pengetahuan umum, psikotes, etika, PBB dan kesamaptaan serta kesenian oleh tim dari Disbudparpora Barito Utara, Polres, Kodim 1013 Muara Teweh dan dari Purna Paskibraka terdahulu.

“Calon Paskibraka untuk tingkat Propinsi diberangkatkan ke Palangka Raya pada Minggu tanggal 8 Mei 2022 untuk mengikuti seleksi selanjutnya. Dan untuk seleksi Tingkat Provinsi di saksanakan pada tanggal 9-11 Mei 2022 bertempat di Hotel Batu Suli Internasional Palangka Raya. Dan Alhamdulillah ke empat pelajar dari Kabupaten Barito Utara lolos seleksi di tingkat Provinsi Kalteng,” pungkasnya.

(AP/Tim)