Marselus Klau Mantan Kades Halibasar, Mengaku Hanya Kelola Dana untuk Tahap Satu

oleh -64 views

TEWENEWS, Malaka – Marselus Klau Mantan , Kepala Desa Halibasar mengaku, pada tahun anggaran 2018 sempat mengelolah dana desa tahap satu, untuk tahun Anggaran 2018.

Informasi yang berhasil dihimpum, pada tahun anggara 2018 dianggarkan Rp 558 juta  yang digunakan untuk rehabilitas sebanyal 38 unit rumah warga di Desa Halibasar.

Marsel Klau mantan kepala desa Halibasar, yang berhasil dikonfirmasi mengaku dan membenarkan bahwa semasa menjabat perna dianggarkan dan untuk rehap rumah warga.

Menurutnya pada waktu pencairan (DD) tahap 1 sebanyak 20 persen, dia menganggarkan sebanyak 130 juta untuk program rehab rumah warga, sedangkan sisanya untuk kebutuhan desa.

Tidak masuk akal jika dia pelaksana tugas tanyakan (DD) tahap pertama, ini sudah tidak benar, sebab saya miliki semua data LPJ terkait realisasi (DD) tahap pertama itu.

Sedangkan pencairan (DD) tahap kedua dan ketiga sebanyak 80 persen itu sudah menjadi urusan pihak kades pelaksana tugas yaitu camat wewiku. Akan tetapi rehap rumah warga yang kini belum rampung ini, nah itu urusan kades Plt, sebab saat itu pencairan tahap kedua ketiga urusan kades plt,sebab saat tahap pertama saya sudah anggarkan sebanyak 130 juta untuk dana awal rehap rumah.

Sementra saya sendiri sebagai warga halibasar tentu siap bertawanggung jawab sesuai realisasi semasa jabatan saya, dalam hal dana desa tahap 1 atau pun butuh di klarifikasi saya siap, sebab saya miliki data lengkap soal (DD) tahap 1.(Beres)