Masjid Agung Ar Rahman Tamiang Layang Sediakan Rest Area Bagi Jemaah Haul Abah Guru Sekumpul

oleh -128 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Dalam rangka menyambut pelaksanaan Haul Syeh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani al-Banjari atau yang biasa disebut Abah Guru Sekumpul ke 15 tahun 2020 / 1441 Hijriah, panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Masjid Agung Ar Rahman Tamiang Layang kecamatan Dusun Timur (Bartim) provinsi Kalimantan Tengah, bersama pengurus masjid serta warga masyarakat menyediakan Rest Area bagi jemaah Haul Abah Guru Sekumpul dihalaman mesjid.

Haul Abah Guru Sekumpul ke 15 tahun 2020 /1441 Hiriah akan dilaksanakan di Sekumpul Martapura Kalimantan Selatan pada sabtu malam 29 februari 2020 atau 05 Rajab 1441 Hijriah dan 01 maret 2020 minggu malam atau 06 Rajab 1441 Hijriah yang akan dipusatkan di kota Martapura kabupaten Banjar Kalimantan Selatan.

Panitia Masjid dan PHBI Masid Agung Ar Raman, serta masyarakat jamaah menyediakan aneka makanan dan minuman, hingga posko tempat jamaah beristirahat disediakan secara cuma – cuma, juga tentunya menyediakan tempat untuk sholat, mandi dan lainnya untuk mendukung para jamaah Haul dari wilayah lain yang melewati Tamiang Layang.

Ketua pengurus Masjid Agung Ar Rahman Tamiang Layang H. Sumarna mengatakan, pihaknya menyediakan aneka masakan seperti bakso, mie instan, roti, berbagai minuman kopi, teh, dan nasi untuk para jamaah Haul Abah Guru Sekumpul yang melintas di wilayah Masjid Agung Ar Rahman yang kebetulan memiliki parking area yang luas dan memadai.

“Kami membuka posko area untuk jamaah Haul Guru Sekumpul yang ingin beristirahat sejenak setelah melakukan perjalanan jauh seperti dari kabupaten Barito Utara, kabupaten Murung Raya, kabupaten Barito Selatan, sambil menikmati hidangan yang sudah disediakan,” ucapnya haji Sumarna, kamis (27/02/ 2020) ba’da sholat isya berjamaah.

Menurut H. Sumarna, pihaknya membuka posko mulai hari Selasa , dan sampai dengan para jamaah dari acara haul Guru Sekumpul kembali ke kediaman semula.

Sementara itu salah satu Penyuluh Agama kecamatan Dusun Timur Ustad Abdurrahim mengatakan “Kami persilahkan mampir ke posko kami, kami membuka posko ini sampai arus balik nanti,” ungkap ustadz Abdurrahim.

Menurut ustadz Abdurrahim, acara Haul Guru Sekumpul sangat mengesankan setiap tahunnya, sebagai sarana ukhuwah islamiah dan ukhuwah Wathaniyah, jamaah semakin bertambah banyak tiap tahunya, baik dari Kalimantan maupun dari luar pulau Kalimantan.

“Pada intinya kami mendirikan rest area yang ada di Masjid Agung Ar Rahman Tamiang Layang ini untuk saling berbagi dan bersilaturahmi dengan para jamaah Haul Abah Guru Sekumpul. Semoga para jemaah selamat sampai tujuan dan kembali ketempat masing – masing, Aamiin”, tutup Abdurrahim.

Pantauan Tewenews dilapangan, Rest Area selain di Masjid Agung Ar Rahman Tamiang Layang, ada pula Rest Area di Mesjid Al Harist Polres Bartim, Mesjid Sabilal Mujahidin Kelurahan Ampah Kota kecamatan Dusun Tengah, Mesjid Usman Bin Affan desa Matabu kecamatan Dusun Timur, namun tidak menutup kemungkinan akan bertambah lagi. (Ahmad Fahrizali)