Masyarakat di Dataran Rendah Diimbau Waspada Banjir

oleh -12 views

TEWENEWS, Murung Raya – Akibat guyuran hujan lebat beberapa hari terakhir mengakibatkan sungai barito yang membentang di wilayah Kabupaten Murung Raya terutama didaerah hulu sudah mulai naik, bahkan telah membanjiri beberapa Desa yang berada dipinggiran hulu sungai.

Menanggapi bencana alam tersebut, Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Murung Raya (Mura) Kariadi Saat dikonfirmasi oleh awak media Rakyatkalteng.com memberikan himbauan kepada warga khususnya masyarakat yang tinggal didataran rendah agar selalu waspada.

“Akhir – akhir ini akibat cuaca yang sering mengalami hujan lebat mengakibatkan air sungai barito kerap kali naik, saya minta warga Murung Raya selalu waspada dan berhati- hati,” ujar Kariadi.

Selain itu, ia juga meminta kepada masyarakat yang tinggal di daerah hilir pinggiran sungai barito juga waspada sebelum banjir datang.

“Saya minta kepada masyarakat yang tinggal hilir agar bersiap – siap khususnya daerah – daerah rentan terjadi banjir,” ujar Kariadi, Senin (5/9/2022).

Sebab jelasnya, luapan sungai barito tersebut akan sangat cepat menghampiri beberapa daerah dibagian hilir, bahkan akan sangat menghambat akses jalan masyarakat. (Asmansyah)