Hubungi Kami

BARITO UTARA

Melalui Facebook Polisi Ungkap Pelaku Pencurian

Published

on

TEWENEWS, Muara Teweh – Pelaku pencurian Februari lalu di Jalan Ronggolawe, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara, Kalteng, terungkap. Uniknya pelaku pencurian di rumah Joko Purnomo, tersebut terungkap melalui akun Fecebook milik pelaku.

Pelaku Imam Jaenuri (26) warga Desa Beringin Raya, Km 54 Kecamatan Teweh Baru. Alamat lain pelaku di Jalan Jendral Sudirman, Gang Ahmad, Kecamatan Teweh Tengah.

Tersangka Imam, di tangkap Selasa 5 Maret 2019 pukul 11.00 WIB di Jalan Pramuka (depan Bilyard, Global) Kelurahan Melayu, Keamatan Teweh Tengah.

“Berdasarkan patroli media sosial Facebook, di temukan akun atas nama *Upinipin* yang sering menjual barang perkakas tukang, alat rumah tangga, HP, dan barang elektronik, kemudian di lakukan profeling terhadap akun tersebut di dapat hasil pemilik akun tersebut bernama Imam,” ungkap Kapolres Barut AKBP Dostan Matheus Siregar di wakili Kasat Reskrim AKP Samsul Bahri, Jumat (8/3/2019).

Berbekal dugaan itu unit buser Satreskrim Polres Barut, melakukan penyelidikan. Dimulai dari melakukan under caver buy dengan cara akan membeli salah satu barang yang di tawarkan berupa amplifier.

Selanjutnya anggota unit buser melakukan nego harga dengan tersangka Imam. Setelah disepakati harga, tersangka Imam menentukan tempat untuk serah terima barang yaitu di Jalan Pramuka (di depan Bilyard Global).

“Pada saat berada di depan Bilyard Global, tersangka Imam ditangkap dan diminta untuk menunjukan barang yang akan dijual berupa amplifier. Namun amplifier-nya masih berada di barak yang terletak di Jalan Jendral Sudirman Gang Ahmad,” jelas Syamsul.

Baca Juga :   Sinergitas Babinsa Koramil 03/GP Monitoring Wilayah Bersama LMK 05 Grogol

Kemudian tersangka Imam, dibawa oleh anggota Unit Buser Sat Reskrim Barut, untuk mengambil ampliier tersebut. Setelah dicek, ternyata amplifier merupakan salah satu barang yang hilang di rumah korban Joko Purnomo di Jalan Ronggolawe.

Saat di interogasi, tersangka mengakui bahwa telah melakukan pencurian di rumah korban Joko Purnomo. Barang yang diambil adalah berupa amplifier, genset, tabung LPG 3 kg, bor litrik, ketam listrik dan knalpot.

Barang-barang hasil curian tersebut, kemudian dijual secara online melalui facebook milik tersangka Imam, dengan nama akun *upinipin* dan diposting di group facebook *MUARA TEWEH (Forum Jual Beli Barang Baru/Bekas)*.

Semua barang hasil curian dirumah korban Joko Purnomo telah laku, kecuali amplifier. Kemudian anggota Unit Buser melakukan pencarian barang bukti yang telah terjual dan berhasil menemukan tabung LPG 3 kg.

Menurut keterangan tersangka, selain mencuri di rumah korban Joko Purnomo, ia juga pernah mencuri di lokasi bangunan rumah atau dipekerjaan banguan milik Eko yang terletak di Jalan Taman Rekreasi Remaja. Barang yang diambil di lokasi teraebut adalah berupa bor listrik, mesin amplas, mesin ketam dan speaker merk Simbada. Barang-barang hasil curian tersebut juga telah dijual melalui facebook dan yang masih tersisa hanya speaker merk Simbada.

“Tersangka mengakui setiap melakukan pencurian hanya sendiri, tanpa bantuan orang lain. Pasal yang disangkakan
Pasal 363 KUH Pidana,” tegas Syamsul.(Tim)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian
id_IDIndonesian