Menhub : Tiket Pesawat Domestik Naik itu Normal

oleh -109 views

TEWENEWS, Jakarta – Kenaikan harga tiket pesawat domestik yang terjadi belakangan ini kian menuai keluhan dari berbagai lapisan masyarakat. Namun hal itu mendapat tanggapan berbeda dari Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. Menurut Menhub, harga tiket penerbangan saat ini justru merupakan harga normal.

“Secara umum apa yang dilakukan itu masih di bawah tarif batas atas. Memang selama ini mereka perang tarif, begitu harganya normal seolah-olah tinggi,” ujar Budi saat ditemui insan pers di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (12/1/2019).

Mantan Direktur Angkasa Pura II itu menuturkan, berdasarkan evaluasi empat tahun lalu, tarif penerbangan domestik yang berlaku sekarang sebenarnya sudah ditetapkan. Namun, ia mengaku menahan hasil evaluasi tersebut sehingga dalam empat tahun terakhir cenderung tak ada kenaikan harga.

“Kita ini mesti take and give ya. Industri airlines ini juga harus dilindungi, artinya biarkan mereka pada titik tertentu supaya mereka juga survive,” tutupnya.

Terpisah, Yolanda (36) salah satu pengguna jasa penerbangan mengeluhkan tingginya harga tiket penerbangan domestik maupun nondomestik. Menurutnya, maskapai mengambil kesempatan meraup keuntungan disaat pergantian tahun dan hari besar lainnya.

“Harusnya pemerintah menentukan tarif maksimal penumpang, sehingga harga tiket dapat dijangkau semua lapisan masyarakat.” ungkap Yolan (sapaan karibnya_red). (Taufik)