Menikmati Nikmatnya Coklat di Kota Carnaval

67

TEWENEWS, Jember – Selain prol tape, Kota Jember memiliki satu lagi kudapan khas yang terbuat dari bahan utama tape yakni suwar suwir. Kudapan yang sekilas mirip dengan dodol ini menjadi salah satu buah tangan favorit bagi para wisatawan yang datang ke kota yang terkenal dengan Jember Fashion Carnaval nya ini.

Suwar suwir terbuat dari bahan tape singkong yang dicampur dengan gula, susu, serta cokelat. Tapi kali ini kita tidak membahas mengenai kudapan kuliner suwar-suwir,melainkan salah satu potensi wisata kuliner di jember. Wisata yang dimaksud yaitu wisata Coklat di Kabupaten jember. Tepatnya di Puslit Kopi dan Kakao Jember.

Akses menuju lokasi bisa dibilang mudah untuk diakses baik kendaraan bermotor atau mobil, lokasinya berada di desa Nogosari kecamatan Rambipuji. Sekitar 20 km ke arah barat daya dari pusat kota Jember.

Terkait tiket masuk bisa dibilang murah,karena pengunjung hanya dikenakan tiket seharga Rp. 3000 untuk tiket masuk per orang. Rp.2000 untuk bayar parkir sepeda motor. Fasilitas di tempat ini juga sudah lengkap,mulai dari pusat informasi,tempat istirahat, tempat ibadah dan Toko penjualan oleh-oleh dan kuliner coklat tersedia lengkap.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati kereta kayu untuk mengelilingi lokasi wisata, cukup merohoh kocek Rp.10.000 per orang. Selain diajak untuk berkeliling ,pengunjung juga diajak untuk melihat proses pengolahan kopi dan kakao.

Bagi pengunjung yang ingin merasakan nikmatnya coklat batangan,kopi,sabun(olahan kopi), dan berbagai olahan kopi lainnya pengunjung dapat membeli di gerai yang disediakan.

Salah seorang pengunjung Diana (21) mengatakan ” Coklatnya disini enak-enak ,selain tempatnya yang asri , di pusat informasi pelayanannya juga sangat bagus , rekomended banget pokoknya “katanya.(Anang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here