Merencanakan Pembangunan Dan Rencana Kerja Bupati, Dilaksanakan Melalui Musrenbang

oleh -26 views

TEWENEWS, Jombang – Salah satu proses tahapan penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Kabupaten Jombang, Tahun 2020, Senin pagi (11/2/2019) usai gelar apel pagi di pendopo, Bupati Jombang Hj.Mundjidah Wahab membuka Musrenbang Tingkat Kecamatan Peterongan Dan Mojoagung, Sekitar pukul 08:00 wib. sedangkan Wakil Bupati Sumrambah yang didampingi Sekda dan sejumlah Kepala OPD membuka Musrenbang yang digelar di Kecamatan Bareng dan Ngoro.

Dengan adanya musrenbang ini diharapkan pembangunan fisik dan non fisik terlaksana dengan baik dan tepat sasaran, Karena dari musrenbang inilah usulan usulan pembangunan dari masyarakat dapat diketahui.

Selain sebagai media aspirasi publik untuk menjaring usulan-usulan program pembangunan dari bawah yakni dari desa, Musrenbang ini untuk membahas dan memverifikasi usulan program desa dan kecamatan yang terintegrasi dengan visi misi Kabupaten Jombang yakni Jombang berkarakter dan berdaya saing.

Saat membuka Musrenbang Kecamatan Peterongan, Bupati Hj. Mundjidah Wahab menjelaskan bahwa, salah satu tahapan untuk merencanakan pembangunan dan rencana kerja adalah melalui musrenbang.

“Karena tidak ada program kerja yang datang secara tiba-tiba, oleh sebab itu harus ada perencanaan, dan perencanaan ini semua berasal dari bawah yakni dari desa kemudian di bahas di tingkat kecamatan,”katanya.

Sementara Musrenbang tingkat Kabupaten menurut Bupati, menunggu selesainya musrenbang tingkat kecamatan.
“Namun tak berhenti sampai disini, nanti dilanjutkan ke tingkat Propinsi sampai Pusat. Nah dari sini nanti akan dipilah porsinya mana program pembangunan untuk Kabupaten, mana propinsi mana yang pusat. Jadi tidak ada usulan yang tidak diperhatikan, semua kita perhatikan,” tandas Bupati.

Lebih lanjut Bupati menyatakan, musrenbang merupakan langkah kongkrit merancang arah pembangunan secara transparan, berkualitas dan akuntabel. “ Perencanaan pembangunan, harus selalu berkesinambungan sesuai dengan amanah aturan perundang-undangan yang berlaku,”pungkasnya.(Joko.S)