Moratorium akan Berakhir,Pemkab Barut Siapkan Lahan Transmigrasi

oleh -22 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Saat ini transmigrasi di Provinsi Kalimantan Tengah masih tidak menerima sementara atau dimoratorium, namun hal itu  akan segera berakhir.Pasalnya di kalteng akan dikembangkan sejumlah program seperti food estate, ekowisata, dan lainnya yang memerlukan tenaga kerja cukup banyak.

Rencana pencabutan moratorium tersebut  ditandai dengan adanya sosialisasi oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Utara untuk penyediaan lahan pemukiman transmigrasi di tahun 2018 ini.

Baca Juga :   Tingkatkan Disiplin dan Etos Kerja, Pemkab Barut Gelar Apel Gabungan

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Setda Barito Utara,  Hendro Nakalelo mengatakan, program transmigrasi merupakan perpindahan penduduk dari kota ke desa, dan berfungsi untuk mengurangi kepadataan penduduk. Ini merupakan upaya pengembangan daerah dalam meningkatkan perekonomian,dimana porsinya berimbang.

“Pembangunan pedesaan juga nantinya terintegrasi dengan wilayah lainnya hal ini sesuai dengan program pemerintah pusat,” ujarnya di aula Sekretariat Daerah Kabupaten Barito Utara, Rabu (11/04/18).

Baca Juga :   Masa Kontrak Habis, Proyek Rusunawa di Muara Teweh Masih di Kerjakan

Hendro Nakalelo, juga mengatakan,  dengan adanya sosialisasi ini, akan lebih mengetahui dimana saja wilayah yang akan dijadikan tempat atau penyediaan lahan. Untuk itu dalam kegiatan ini mengundang para camat serta kepala desa sebagai pimpinan wilayah.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Barito Utara, Tenggara,mengatakan  dalam sosialisasi bersama Disnakertrans Provinsi Kalimantan Tengah, juga mengundang Camat Montallat dan Camat Lahei.

Baca Juga :   Mantap,  Barut Kembali Raih WTP ke Empat Kali

Menurutnya, dua wilayah tersebut akan menjadi sasaran penyediaan lahan sehingga perlu dilakukan pembahasan terutama  mengenai aspek legalitas clear and clean.

“Untuk pembangunan perumahan dan pemukiman transmigrasi tentu saja aspek legalitas lahan sangat penting,” pungkasnya. (Ap)