Muktamar V PKB Berlangsung di Bali, Cak Imin Kandidat Terkuat

TEWENEWS, Nusa Dua Bali – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menggelar Muktamar V mulai Selasa (20/8) hingga Kamis (22/8) d Nusa Dua Bali. Forum pengambilan keputusan tertinggi di PKB itu memiliki agenda untuk memilih ketua umum sekaligus konsolidasi internal untuk mengawal pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin lima tahun ke depan.

Berdasarkan pantauan langsung tewenews.com dari Bali, pembukaan Muktamar PKB akan digelar sekitar pukul 18.30 WIB. Muktamar PKB kali ini mengambil tema “Melayani Ibu Pertiwi” dengan menggunakan logo lebah dan gerbang pura khas Bali.

Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar mengatakan pihaknya sengaja menggunakan hewan Lebah sebagai simbol Muktamar karena dikenal binatang yang solid dan patuh pada pimpinan.

“Dengan kesadaran bahwa lebah ini seperti yang termaktub di Al Quran hewan memberi manfaat, dia juga bergerombol, solid, menginduk pada pimpinan yang loyal. Kemudian besok kita akan memilih induknya siapa dalam muktamar ini,” kata politikus yang akrab disapa Cak Imin itu dalam keterangan tertulisnya..

Lebih lanjut, Cak Imin menambahkan Muktamar itu dihadiri lebih dari 3.000 peserta dari seluruh pengurus daerah PKB seluruh Indonesia dari tingkat DPW dan DPC se-Indonesiam Tak hanya itu, ia mengatakan PKB mengumpulkan sekitar 1.000 kiai dan ulama dari seluruh Indonesia dalam forum Munas Alim Ulama se-Indonesia.

Baca Juga :   K.H. Ma'ruf Amin Tutup Muktamar PKB di Bali

Cak Imin merupakan satu-satunya kandidat terkuat yang dipilih kembali sebagai Ketua Umum PKB periode 2019-2024 dalam Muktamar tersebut.

Ketua DPP PKB, Jazilul Fawaid, beberapa waktu lalu sempat menyatakan seluruh pengurus wilayah PKB sudah membulatkan suara untuk mendukung Cak Imin terpilih kembali sebagai ketum. Hal itu menjadi indikasi bahwa Cak Imin akan dipilih sebagai ketum secara aklamasi.

Jazilul menyebut tak ada kandidat calon ketua umum PKB selain Cak Imin yang berkeinginan maju untuk berkontestasi di muktamar. Keponakan Presiden ke-4 RI Abdurahman Wahid itu menjadi ketua umum PKB paling lama menjabat dibandingkan para mantan ketum PKB lainnya.

Muhaimin pertama kali terpilih sebagai ketua umum dalam Muktamar II PKB di Semarang, Jawa Tengah pada tahun 2005 silam. Presiden Joko Widodo turut menghadiri agenda pembukaan Muktamar PKB ini. Bersama Cak Imin menyampaikan pidato di acara pembukaan.

Nampak hadir dalam Pembukaaan tersebut, sejumlah ketua umum partai politik, para akademisi dan praktisi hukum, juga duta besar dari beberapa Negara Sahabat. Sebagai ketua Dewan Syuro, terpilih K.H. Dimyati Rais, yang sebelumnya juga menjabat posisi yang sama.(J.A.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian
id_IDIndonesian
%d blogger menyukai ini: