Mulai Terkuak, Kasus Korupsi di Disdik Kalteng

oleh -88 views

TEWENEWS, Palangka Raya – kasus dugaan Mark up dan dana fiktif akomodasi dan konsumsi Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2014 perlahan mulai terurai dan terkuak ke permukaan.

Sebelumnya Surat Perintah Dimulainya Penyedikan (SPDP) terhadap 19 orang tersangka termasuk DL mantan Kepala Dinas Disdik Provinsi Kalteng kala itu, yang diduga melakukan tindak pidana Korupsi dengan melakukan mark up dan dana fiktif untuk Akomodasi dan Konsumsi sebesar Rp 5,2 Miliar dari pagu anggaran sebesar Rp 16 Miliar.

Kepala Seksi Penuntutan Kejaksaan Tinggi Kalteng Rabani M Halawan, mereka membagi uang anggaran tersebut agar penyerapannya sesuai, ”Anggaran diolah terpisah yang seharusnya satu paket, jadi akomodasi dan konsumsi dibikin tersendiri” ujar Rabani Kamis (28/11).

Selanjutnya diantara ke 19 tersangka ada yang berstatus sebagai pegawai Honorer yang diduga untuk menampung dana mark up atau dana fiktif yang mereka lakukan,” ditaruh dulu direkening pegawai honorer, setelah itu dilakukan penarikan dana dan diserahkan kepada masing masing pihak,” unkap Rabana.

“ Itu nanti tetap kita dalami peran masing masing dari ke 19 tersangka masing-masing, sementara kita akan kejar asetnya harus ekstra dan akan melibatkan banyak jaksa,” pungkas Rabani.(Tim)