Nadalsyah Resmikan Gedung Baru RSUD Muara Teweh

oleh -24 views

Muara Teweh, BARITO – Bupati Barito Utara (Barut) H Nadalsyah meresmikan gedung baru Wing A Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muara Teweh yang dibangun melalui dana APBD Kabupaten tahun anggaran 2017 sebesar Rp60,3 milyar, Senin (1/1).

Bupati Barito Utara H Nadalsyah mengatakan dalam upaya meningkatkan capaian bidang kesehatan harus tersedianya fasilitas kesehatan yang lebih memadai. Dan ini merupakan faktor utama yang sangat penting dan menjadi komitmen Pemerintah Kabupaten Barito Utara.

“Hal ini sesuai janji politik kami saat berkampanye pada pilkada beberapa tahun yang lalu, yaitu terlayaninya kebutuhan kesehatan masyarakat dari seluruh pelosok desa sampai ibukota Kabupaten Barito Utara. Dan Alhamdulillah, sebagai bentuk respon yang tinggi atas harapan dan kebutuhan masyarakat, kini telah berdiri bangunan baru RSUD Muara Teweh yang lebih representatif dan modern, meskipun belum sepenuhnya tuntas karena terbatasnya anggaran dan waktu,” kata Bupati Nadalsyah.

Akan tetapi katanya dengan dukungan semua pihak Insya Allah pembangunan RSUD akan di lanjutkan lagi dan fungsional seluruhnya pada akhir tahun 2018 ini. Hal ini untuk mewujudkan masyarakat Barito Utara yang sehat.

Bupati yang akrab disapa H Koyem ini juga mengatakan bahwa cukup banyak hambatan dan tantangan yang masih dihadapi seperti terbatasnya peralatan dan SDM tenaga kesehatan, termasuk relatif masih tingginya biaya kesehatan dan perlunya peningkatan kesejahteraan tenaga kesehatan kita agar dapat bekerja lebih produktif dan berkualitas tinggi.

Sebagai solusi dan untuk menjawab tantangan tersebut, maka beberapa langkah strategis yang sedang dilaksanakan yaitu pemenuhan standar teknis manajemen konstruksi bangunan dan standar manajemen pelayanan rumah sakit dalam memberikan pelayanan medis terbaik kepada semua lapisan masyarakat Barito Utara maupun masyarakat luas lainnya.

“Sebagai bentuk apresiasi atas terbangunnya berbagai infrastruktur dan meningkatnya kuantitas dan kualitas pelayanan masyarakat selama ini, saya secara pribadi dan selaku pimpinan daerah menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas partisipasi segenap unsur masyarakat, dan dengan segala kerendahan hati pula kami mohon dukungannya, untuk menuntaskan program-program yang belum sempat terlaksana, agar harapan kita semua dapat diwujudkan secara totalitas demi kemajuan dan kesejehteraan kita bersama,” katanya. 

Pada akhirnya kata Koyem dengan keberadaan bangunan baru gedung A RSUD Muara Teweh ini, akan menjadi modal berharga untuk pembangunan bidang kesehatan sehingga tidaklah berlebihan kami bercita-cita, bahwa fasilitas kesehatan di Kabupaten Barito Utara nantinya dapat menjadi barometer dan pusat pelayanan kesehatan yang terkemuka khususnya di wilayah DAS Barito.

“Selanjutnya dengan mengharapkan ridho serta Inayah Allah SWT dan teriring dengan cita-cita tersebut, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim gedung A RSUD Muara Teweh dengan ini “saya resmikan”,” kata Bupati Nadalsyah.(ali)