Ngaku Bisa Datangkan Emas Dari Alam Gaib, Pria Paruh Baya Ini Ditangkap Polsek Pangkalan Lada

TEWENEWS, Kotawaringin Barat – Unit Reskrim Polsek Pangkalan Lada dan jajaran Polres Kotawaringin Barat (Kobar) berhasil menangkap seorang pria paruh baya yang diduga melakukan tindak pidana penipuan dengan modus dapat mendatangkan perhiasan emas dari alam gaib, Senin (25/6/2018) pukul 01.30 WIB dini hari.

Kapolsek Pangkalan Lada Iptu Waris Waluyo, mengatakan tersangka J (54) merupakan warga Desa Kadipi Atas Kecamatan Pangkalan Lada Kabupaten Kobar ditangkap karena laporan dari korban MY (40) warga Desa Pandu Sanjaya  Kecamatan Pangakalan Lada yang merasa telah ditipu dan dirugikan atas tindakan tersangka.

“Kejadian tersebut bermula, pada Bulan Agustus 2016 sekitar pukul 10.00 WIB, saat korban berkunjung ke rumah tersangka yang dijanjikan bisa mendatangkan perhiasan emas dari alam gaib. Korban percaya dan tergiur atas perkataan tersangka dan memenuhi persyaratan yang diajukan kepadanya dengan cara harus membayar mahar berupa uang tunai sebesar Rp.26,5juta,” terang Kapolsek.

Setelah memberikan persyaratan yang diminta korban mendapat perhiasan emas  yaitu sebanyak 45 buah gelang emas, satu pasang anting emas, satu cincin emas dan satu buah kalung emas. Perhiasan tersebut langsung dibawa pulang tanpa mengeceknya terlebih dahulu.

Baca Juga :   Trio Jambret Berhasil di Ciduk, Satu Ditembak Petugas

“Penipuan terus berlanjut dengan memberikan janji akan menghadiahkan korban uang sebesar  Rp.45 milyar dengan syarat membayar mahar uang tunai Rp.10 juta dan ditambah biaya lainnya dengan total Rp.53 juta,” beber mantan anggota Brimob ini.

Korban mulai curiga dengan kesepakatan kedua kalinya dengan tersangka, korban langsung mengecek perhiasan ke toko emas, ternyata benda-benda tersebut merupakan kuningan biasa bukan emas asli.

“Merasa tertipu oleh tersangka dan agar tidak ada lagi korban yang tertipu, korban kemudian melaporkan kepada kami dan anggota kami langsung melakukan penyelidikan ke lapangan, sehingga tersangka berhasil kami tangkap, Senin (25/6/2018) pukul 01.30 WIB dini hari,” terang Waris.

Atas perbuatan tersangka, korban mengalami kerugian sebesar Rp 90 juta. “Tersangka akan dijerat dengan pasal  378 KUHP tentang Penipuan dengan hukuman penjara paling lama 4 tahun,” pungkasnya.(Bambang/tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: