Nyaleg, Satu Orang Pendamping Dana Desa di Barut Belum Mengundurkan Diri

oleh -32 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Satu orang Pendamping Tenaga Ahli Dana Desa, di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan tengah, Nyaleg dan sudah terdaftar di Daftar Calon Tetap (DCT) pada Pemilu 2019 belum mengundurkan diri.

Di dalam kode etik pendamping desa, kalau terbukti dia berafiliasi dan terlibat dalam aktivitas politik maka akan langsung dipecat. Apalagi kalau masuk struktur partai akan langsung dipecat. Aturan mainnya tidak diperbolehkan aktif di politik

Baleho oknum pendamping desa tersebut, terpajang di beberapa titik daerah pemilihan (Dapil) dua, Kecamatan Lahei, Lahei Barat, Teweh Timur dan Gunung Purei. Caleg itu masih terdaftar sebagai tenaga Pendamping Lokal Desa (PLD) di Kecamatan Lahei.

Hal itu dibenarkan salah satu Pegawai Kecamatan Lahei, ketika di tanya wartawan menyangkut setatus yang bersangkutan.

“Sampai saat ini status yang bersangkutan masih sebagai PLD,” jelas pegawai yang tidak mau di sebut namanya.

Ketika di konfirmasi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Barut, bahwa ada salah satu caleg dari salah satu partai, mencalonkan anggotanya sebagai calon anggota legeslatif, tetapi masih menjabat sebagai pendamping desa. Komisioner KPU David Suisdarto, mengatakan pihaknya akan melakukan rapat internal segera.

“Kami sudah melakukan verifikasi faktual terhadap semua berkas calon anggota legislatif yang mendaftar, dari hasil pemeriksaan tersebut semua berkas dan persyaratan kami nyatakan lengkap semua,” kata David Suisdarto di ruang kerjanya, Kamis (17/1/2019).

Ia mengatakan, apabila benar informasi yang bersangkutan masih berstatus PLD maka pihaknya akan mengadakan rapat dan selanjutnya akan membuat surat ke partai yang bersangkutan. Saat ini semua berkas para caleg, telah di tetapkan sebagai daftar calon tetap (DCT).

“Nanti malam akan kami agendakan rapat dengan anggota komesioner lainnya, selanjutnya kami akan membuat surat kepada partai yang mengusung supaya dapat di sampaikan ke yang bersangkutan mengenai statusnya,” pungkasnya.(Tim)