Oknum Pengusaha Batubara Sebut Ada ‘Jatah’ Wartawan Melalui Polres, Begini Tanggapan Kapolres Bartim

oleh -81 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Seorang pemilik batubara berinisial T tiba-tiba mengaku ada ‘jatah’ wartawan yang disalurkan setiap bulan melalui seseorang di Polres Barito Timur.

Hal tersebut disampaikan saat wartawan mengkonfirmasi terkait 13 truk angkutan batubara yang ditahan warga di jalan hauling RT 04 Desa Karang Langit Kecamatan Dusun Timur, Sabtu, 29 Januari 2022 pagi, karena jalan yang dilintasi rusak.

Pemberian yang dimaksud diduga uang untuk mencegah wartawan memberitakan permasalahan angkutan batubara termasuk kerusakan jalan yang diprotes warga.

“Setau sy (menyebut nama seseorang) tiap bln jg ngasih ke wartawan melalui (menyebut nama seseorang di polres). Sy cuma bantu koordinasikan ke polres. Dan semua jalan Termasuk dana2 yg di kuarkan oleh (menyebut nama orang lain lagi),” ungkap T melalui pesan WhatsApp.

Saat Tim meminta penjelasan lebih lanjut terkait pernyataannya, T tidak lagi memberikan jawaban.

Kapolres Barito Timur, AKBP Afandi Eka Putra yang dikonfirmasi Tim terkait pernyataan T tersebut membantah adanya koordinasi dan ‘jatah’ wartawan lewat polres.

“Wah setau saya tdk ada msl angkutan mas. Polres hanya menjalankan segala sesuatunya sesuai ketentuan saja. Bagi perusahaan yg sdh mengikuti aturan tdk perlu lagi takut dgn oknum yg meminta pungli. Namun bagi yg melanggar akan ditindak sesuai ketentuan,” bantah Kapolres melalui pesan tertulis.

Saat ditanya apakah informasi tersebut merupakan fitnah, Afandi berjanji akan menelusuri untuk mengetahui kebenarannya,” Terima kasih infonya mas, sy akan kroscek,” tulisnya. (Ahmad Fahrizali/ Timpacool)