Operasi Mantap Praja Telabang 2018, Mulai Dilaksanakan

oleh -28 views

Muara Teweh,Operasi Mantap Praja Telabang 2018 di Kabupaten Barito Utara (Batara) telah dimulai, hal ini ditandai dengan dilaksanakannya apel gelar pasukan serentak Operasi Mantap Praja Telabang 2018, dihalaman Mapolres setempat, Jumat (5/1/2018). Apel tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres AKBP Dostan Matheus Siregar.

Apel gelar pasukan tersebut, diikuti oleh anggota TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Damkar, Subdenpom, KPU, Panwaslih. Serta dihadiri dari beberapa pihak terkait, seperti pemerintah daerah, unsur FKPD, dan undangan lainnya.

Dalam kegiatan tersebut , Kapolres Dostan juga menyematkan pita tanda operasi kepada perwakilan dari pasukan operasi Mantap Praja Telabang 2018 seperti anggota Polri, TNI, Dishub, satpol PP dan Damkar.

Baca Juga :   Mantap !!! Satresnarkoba Polres Barut Ringkus Bandar Shabu di Teweh Baru

Kapolres menerangkan, apel gelar pasukan ini dilaksanakan guna mengecek kesiapan personel dan kelangkapan sarana prasarana polri beserta stake holder terkait, sebelum pelaksanaan pengamanan pemilu kada Kabupaten Batara 2018, Sehingga diharapkan semua perencanaan yang telah dipersiapkan dapat berjalan dengan optimal dalam rangka mensukseskan pelaksanaan seluruh tahapan Pemilukada Kabupaten Batara 2018.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pilkada merupakan manifestasi pelaksanaan demokrasi yang melibatkan rakyat secaraaktif dalam menentukan pemimpinan yang akan menjalankan roda pemerintahan. Melalui mekanisme pemilukada secara langsung didaerah masing-masing, rakyat mempunyai hak untuk memilih putra daerah terbaik menjadi pimpinan didaerahnya” jelas Dostan.

Dalam penyelenggaraan pesta demokrasi, lanjut Dostan, khususnya pimilukada Kabupaten Batara, faktor keamanan menjadi faktor utama dan memiliki perasn strategis dalam menentukan kelancaran dan kesuksesan seluruh tahapan pelaksanaan Pilkada tersebut.

Baca Juga :   Mantap!! Desa Benangin II, Sebentar Lagi Punya Balai Terbesar di Teweh Timur

Selain itu, potensi gangguan kamtibmas sebelum, pada saat dan setelah pelaksanaan Pilkada juga diperkirakan akan terus meningkat. Latar belakang yang berbeda , kuatnya semangat primordial, dan ketidakpuasan masyarakat yang direspon dengan perbuatan melanggar hukum diperkirakan akan menjadi faktor-faktor penyebab munculnya konflik.

Untuk itu sebagai institusi yang diberikan tanggung jawab dalam menyelenggarakan pengamanan Pilkada serentak, polri harus dapat menetukan perencanaan dan langkah penanganan yang tepat dan komprehensif untuk mencegah, menanggulangi dan menangani berbagai permasalahan yang terjadi.

Untuk itu, dalam rangka menjamin stabilitas kamtibmas selama berlangsungnya Pilkada Kabupaten Batara tahun 2018, Polres batara menggelar operasi kepolisian mandiri kewilayahan dengan sandi Mantap Praja Telabang 2018.

Baca Juga :   Terkait Ganti Rugi Lahan, Begini Kesimpulan RDP DPRD Barut Dengan PT. BEK

“Operasi ini digelar dalam rangka pengamanan Pemilukada yang dilaksanakan selama kurang lebih enam bulan dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif yang didukung dengan kegiatan intelijen dan penegakan hukum dalam mengamankan setiap tahapan Pemilu Kada Kabupaten batara 2018” tandasnya.

Ditempat terpisah Bupati Barito Utara H. Nadalsyah mengharapkan melalui Operasi Mantap Praja Telabang 2018, wilayah Barito Utara akan tercipta iklim kondusif dan aman sehingga proses pemilukada akan dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan tahapan yang telah ditetapkan.

(Ap)