Operasi Zebra Telabang Tahun 2019 Mulai Dilaksanakan, Ingat Tanggalnya

oleh -74 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Polres Barito Timur (Bartim) provinsi Kalimantan Tengah, laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Telabang tahun 2019 di halaman Mapolres setempat, Rabu (23/10/2019).

Apel tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Bartim AKBP Zulham Effendy SIK, MH dan bertindak sebagai komandan upacara Kasat Lantas Iptu Sugeng, SE. Turut hadir Bupati Bartim, Kepala Kejaksaan Negeri, Dandi 1012 Buntok, dengan tema “Meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat guna mewujudkan keamanan keselamatan dan ketertiban serta kelancaran berlalu lintas (Kamseltibcarlantas)”.

Kapolres Bartim AKBP Zulham Effendy SIK,MH mengatakan bahwa oprasi telabang di lakukan di lokasi terpisah dari seluruh jajaran kepolisian yang ada di 34 Polda, dari intruksi pimpinan kita diberi penekanan sesuai dengan amanat Dirlantas, Tekanannya adalah bagaimana kita bisa menciptakan Kamseltibcarlantas.

“Operasi Zebra Telabang ini bertujuan untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran dalam berlalulintas di Bartim”, lanjut Zulham.

Operasi Zebra Telabang 2019 dimulai pada tanggal 23 Oktober sampai dengan 5 November 2019, ada sejumlah prioritas pelanggaran yang menjadi sasaran operasi,diantaranya pengemudi menggunakan handphone, pengemudi melawan arus, pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari satu orang.

Selain itu, pengemudi dibawah umur, pengemudi dan penumpang sepeda motor tidak menggunakan helm SNI, pengemudi menggunakan narkoba atau mabuk serta mengemudikan kendaraan melebihi batas kecepatan yang ditentukan.

Menurut Kapolres termuda se Kalteng tersebut, dengan dilakukan penegakan hukum terhadap sasaran prioritas tersebut maka pelaksaaan operasi zebra tersebut diharapkan dapat mendorong tercapainya tujuan operasi yaitu meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya.

Selain itu, kita juga akan meminimalisasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas dan meningkatkan kepercayaan kepada Polri dengan terciptanya opini positif  dan citra tertib dalam berlalu lintas,” pungkas Zulham.

Sementara Kasatlantas Polres Bartim Iptu Sugeng, SE menjelaskan bahwa Kamseltibcarlantas dapat di lakukan dengan melengkapi peraturan berlalulintas yang baik dan benar, agar tidak melanggar atau menyebabkan kecelakaan yang dapat merugikan semua pihak.

“Kelengkapan surat kendaraan dan jati diri, menggunakan helm yang standar, menggunakan kendaraan dalam keadaan fisik yang baik tidak dalam keadaan mabuk, kemudian menggunakan kendaraan motor yang memadai, ban, kaca spion, rem dan di nyalakan lampu yang memang harus baik di malam hari serta pakai semuanya yang berkaitan dengan keamanan dan keselamatan pengguna jalan,” ungkap Sugeng. (Ahmad F)