Optimalisasi Fungsi Perpustakaan Sebagai Upaya Meningkatkan SDM

oleh -40 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Keberadaan perpustakaan desa adalah salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan, menambah wawasan, membentuk sikap dan perilaku serta mengembangkan keterampilan terapan yang bermanfaat bagi kualitas hidup masyarakat.

Untuk meningkatkan kemampuan dalam penerapannya Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinas Siptaka) Daerah Kabupaten Barito Utara menyelenggarakan Sosialisasi Pengelola Perpustakaan Desa tahun 2018 di Aula Bappeda Litbang Jl. A. Yani Muara Teweh, Selasa (18/9/2018).

Baca Juga :   Cegah Karhutla, Ini yang Dilakukan oleh DLH Barut

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan kepada para pengelola perpustakaan desa, memberikan pemahaman, serta membimbing terkait dengan tugasnya bagi pengelola perpustakaan desa. Meningkatkan kualitas Pengetahuan bagi para pengelola perpustakaan untuk mengelola perpustakaan desa.

Bupati Barito Utara H. Nadalsyah dalam sambutannya yang dibacakan Kadis Siptaka Ir. Edy Nugroho, M.Si mengatakan perpustakaan memiliki fungsi dan peran yang strategis, salah satu fungsi sebagai sumber informasi bagi masyarakat, penyangga dunia pendidikan, dan sebagai tempat pembelajaran bagi masyarakat.

Baca Juga :   Mampukah,Pemkab Barut Pertahankan Opini WTP untuk Ke Empat Kalinya

H. Nadalsyah berharap kepada para pengelola perpustakaan desa dapat berperan aktif dalam mengembangkan perpustakaan yang ada.

Baca Juga :   Pimpin Apel Siaga Persiapan Pelaksanaan Pilkada 2018, Ini Pesan Gubernur Kalteng

“Hal ini penting dilakukan karena tidak sedikit warga masyarakat termasuk anak didik yang belum memahami perpustakaan bagi upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia, sehingga belum memanfaatkan fungsi dan peran perpustakaan secara optimal,” tegasnya.

Peserta sosialisasi ini meliputi perwakilan Kepala Perangkat Daerah, Camat, pimpinan instansi vertikal, kepala desa dan pengelola perpustakaan desa.(Ap/Kominfo)