Paman Birin Hadiri Acara Di Panti Sosial Bina Remaja(PSBR) Budi Satria Banjarbaru

TEWENEWS, Banjarbaru – Gebernur kalimantan Selatan H Sahbirin Noor menghadiri undangan dari Pengelola Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) Budi Satria Landasan Ulin Banjarbaru.

Acara yang bertajuk “Nginum Kopi Baimbai Paman Birin” di Panti Sosial tersebut bersama anak anak siswa PSBR Budi Satria Landasan Ulin Banjarbaru,Kalsel berlangsung Rabu (8/1/2020) malam.

Gubernur Kalimantan Selatan yang juga akrab disapa dengan Paman Birin itu menuturkan bahwa Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) “Budi Satria” merupakan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) dari Dinas Kesejahteraan Sosial Provinsi Kalimantan Selatan. Mulai beroperasi sejak tahun 1981. ⁣

Menurut Paman Birin, tugas PSBR Bina Satria memberikan pembinaan kesejahteraan sosial kepada anak terlantar putus sekolah yang meliputi pembinaan fisik, mental sosial, bakat dan kemampuan serta keterampilan kerja agar mampu bekerja secara mandiri maupun berkelompok dalam kehidupan bermasyarakat. ⁣

“Jadi syarat menjadi siswa di sini di antaranya adalah putus sekolah, berasal dr keluarga tdk mampu, remaja berusia 15-20 tahun, belum bekerja.” Jelas Paman Birin sembari mengatakan bahwa para siswa berasal dari seluruh kab/kota se Kalsel. Untuk menjadi siswa di sini hrs mengikuti seleksi di daerah masing masing.”Kalau lulus, mereka diinapkan di asrama PSBR dan menempuh pendidikan keterampilan selama 6 bulan,”lanjutnya.

Dijelaskan Paman pula bahwa Mereka yg menjadi siswa-siswi PSBR akan dibekali diklat sesuai keahlian spt menjahit, otomotif, bengkel, komputer & elektronik.

Baca Juga :   Menghadapi Tira Persikabo, Barito Putera Secara Mental Lebih Baik

Diklat ini kata Paman Birin dilaksanakan dua kali setahun berdasarkan kuota yang ditetapkan Pemprov Kalsel. Selesai Diklat, mereka akan dibekali bantuan stimulan. Misalnya tukang jahit diberi bantuan mesin jahit dan lainnya. ⁣

Kegiatan yang berlangsung penuh keakraban itu selain ngopi bareng, para siswa juga berkesempatan mendengarkan pengalaman Paman selama tugas dan berbagai kisah inspiratif. Mereka juga rindu menyanyikan lagu Mars Bergerak dan Yalal Wathon bersama Paman Birin.(Sofyan Hadi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: