Pasang Mesin Baru, Distribusi Air PDAM “Stop” Akhir Pekan Ini

oleh -123 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara (Barut), Kalteng, harus siap stok air bersih mulai sekarang. Pasalnya tiga hari lagi, manajemen PDAM akan menyetop layanan alias mati total.

Tapi kebijakan itu bukan lantaran ada masalah serius, mesin rusak atau jaringan pipa bocor bermasalah. Sebab mati total distribusi air bersih di akhir pekan ini, terkait pemasangan dua unit mesin baru pompa air berkafasitas 120 ribu liter.

“Mati total dijadwalkan, Sabtu 15 Pebruari 2020, dari pukul 7.00 WIB sampai selesai. Dua mesin baru kita pasang, masing-masing unit 75 KW. Secara surat edaran resmi sudah kita sampaikan ke pelanggan ,” ungkap Direktur PDAM Muara Teweh, Agus Surjanto, Rabu (12/2/2020).

PDAM Muara Teweh memang terus berbenah. Selain melakukan pergantian mesin lama atau pembaharuan enginering, juga perbaikan jaringan pipa, mengganti meteran, dan perbaikan kualitas bahan baku air.

Perbaikan sarana dan prasaranan ditopang peningkatan layanan, guna memaksimalkan hasil target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari tagihan rekening PDAM. Sebelumnya ada 596 meteran pelanggan diganti baru. Perbaikan meteran dilakukan berkala.

Dalam program meterisasi, petugas PDAM datang ke rumah pelanggan untuk mengganti  meteran air lama. Ini untuk menjaga keakuratan meter air, sehingga tidak merugikan pelanggan ataupun PDAM.

Berdasarkan data per Juni  tahun lalu, ada sekitar 900 lebih pelanggan yang akan diganti meteran airnya. Bila sifatnya mendesak, akibat rusak, segera diganti yang baru.

Saat ini, PDAM juga terus menambah pelanggan baru. Tak hanya dalam kota, tetapi juga kecamatan lainnya.  PDAM menambah jaringan baru, meningkatkan mutu layanan air bersih.

“Dalam kaitan kegiatan, kita juga merealisasi pemberdayaan masyarakat. Setiap kegiatan sosial kita libatkan warga disekitar jaringan pipa besar dari mesin pompa air. Kita juga geratiskan mereka dari tagihan PDAM,” tegas Agus Surjanto. (Tim)