Pasar Mingguan, Subuh dan Tungging di Bartim Ditutup Sementara

oleh -58 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Barito Timur (Bartim) provinsi Kalimantan Tengah, melalui Dinas Perdagangan menutup sementara kegiatan pasar mingguan, pasar subuh dan pasar malam atau tungging di seluruh wilayah Bartim untuk mencegah penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Plt. Kepala Dinas Perdagangan Bartim Kariato melalui Kabid Pengelola Pasar Edy Adwar mengalakan “Kami sudah menyampaikan dan mengumkan kepada para pedagan, bahwa untuk sementara pasar mingguan, pasar subuh dan pasar tungging dilakukan penghentian ini berlaku buat semua pasar termasuk di kecamatan dan desa”, ucapnya, Senin (20/04/2020).

Pemberitahuan tersebit tertuang dalam surat Nomor 500/144/DISDAG.III/2020 tanggal 20 April 2020 tentang pemberitahuan terkait pencegahan penyebaran Covid-19.

Mengikuti keputusan Bupati Barito Timur Nomor 180/91/HUK/2020 tanggal 23 Maret 2020 tentang penetapan status siaga darurat bencana non alam pandemi Covid-19 di wilayah kabupaten Barito Timur tahun 2020, serta petunjuk Bupati Barito timur pada hari Minggu tanggal 19 April 2020.

Diantara isi surat tersebut, pertama untuk sementara menghentikan setiap kegiatan pasar mingguan dan pasar tungging serta pasar subuh di wilayah masing-masing sejak dikeluarkannya pemberitahuan ini sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan

Kedua, tetap memperbolehkan kegiatan pasar harian dengan ketentuan:
a. Pasar harian dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB

b. Mengikuti protokol pencegahan Covid-19 untuk area publik yaitu antara lain wajib menggunakan masker menjaga jarak fisik atau physical distancing minimal 1 meter antar orang.

c. Menyediakan tempat cuci tangan beserta sabunnya di area pasar.

d. Menjaga dan meningkatkan kebersihan pasar.

e. Memantau dan mengawasi orang atau warga yang telah ditetapkan sebagai orang dalam pemantauan atau ODP maupun pasien dalam pengawasan atau PDP. (Ahmad Fahrizali).