Pasiter Kodim 0802/Ponorogo Pimpin Acara Penerimaan Peserta Baru Pramuka SWK

oleh -131 views

TEWENEWS, Ponorogo – Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika (SWK) oleh satuan Kodim 0802/Ponorogo secara bertahap, bertingkat dan berlanjut bagi anggota Pramuka Penegak dan Pandega. Selain sebagai wadah bakat dan minat dalam kegiatan kepanduan, latihan Pramuka SWK juga bertujuan untuk membentuk pribadi yang berdisiplin, berwawasan kebangsaan dan cinta tanah air serta peduli sesama.

Melalui bimbingan dan pembinaan dari satuan Kodim 0802/Ponorogo, Pramuka SWK Kwarcab Ponorogo, telah dapat membentuk pribadi-pribadi generasi muda di wilayah Kabupaten Ponorogo, yang siap mengabdi kepada nusa dan Bangsa Indonesia.

Menengok kegiatan yang dilaksanakan oleh Pramuka SWK Kodim 0802/Ponorogo selama ini, anggota Pramuka golongan penegak dan pandega sebelum dikukuhkan menjadi peserta latihan harus menjalani berbagai pelatihan pendahuluan berupa pengenalan krida-krida Pramuka SWK.

Setelah menjalani program orientasi Pramuka SWK, selanjutnya para anggota Pramuka ini akan dikukuhkan menjadi peserta latihan Pramuka SWK Kodim 0802/Ponorogo.

Seperti dilaksanakan hari Sabtu dan Minggu (24/2/2019), kegiatan dipimpin oleh Pasiter Kodim 0802/Ponorogo Kapten Czi Hadi Eko Santoso, puluhan anggota Pramuka tingkat penegak dikukuhkan menjadi peserta latihan Pramuka SWK Kodim 0802/Ponorogo.

Kegiatan ini diawali dengan materi praktek navigasi darat (Navrat) dari Makodim 0802/Ponorogo hingga wilayah Kecamatan Mlarak, dilanjutkan dengan materi surfival yang dilaksanakan di wilayah Kecamatan Siman. Selanjutnya para peserta melaksanakan praktek krida mountaineering dan pioneering di lapangan Kodim 0802/Ponorogo dan diakhiri dengan praktek penanggulangan bencana.

Usai melahap latihan yang cukup menantang, puluhan anggota Pramuka penegak di wilayah Kabupaten Ponorogo, dikukuhkan menjadi peserta latihan Pramuka SWK oleh Pasiter Kodim 0802/Ponorogo selaku pimpinan Pramuka SWK Kodim 0802/Ponorogo bertempat di Makodim 0802/Ponorogo.

Tampak wajah bangga yang diselimuti rasa lelah setelah menempuh berbagai latihan praktek krida Pramuka SWK ditunjukkan peserta baru latihan Pramuka SWK Kodim 0802/Ponorogo ini. Melalui bentuk perjuangan yang cukup berat untuk dikukuhkan menjadi peserta latihan Pramuka SWK ini diharapkan para anggota Pramuka ini dapat melaksanakan latihan dengan penuh rasa tanggungjawab.(AF)